Mengatasi Serangan Panik? Ikuti Langkah Ini!

Serangan panik atau panic attack adalah timbulnya rasa takut berintensitas tinggi yang datang secara tiba-tiba tanpa penyebab yang nyata. Merasa mengalami serangan jantung hingga mengira dirinya sedang sekarat adalah hal-hal yang penderita alami saat terjadi serangan panik. Ketakutan akan hilang control atau nyeri dada juga dapat dialami oleh penderita. Walau demikian, serangan panik itu sendiri tidak berbahaya.

Related image

https://financialtribune.com

Pada kondisi serangan panik yang terjadi secara berulang-ulang dan disertai perasaan takut terus-menerus terhadap terjadinya serangan lanjutan menandakan sebuah kondisi yang bernama gangguan panik (panic disorder). Dengan mendidik diri sendiri untuk berbagai rasa panik, Anda akan dengan mudah mengontrolnya, sehingga Anda tidak harus hidup dalam ketakutan dan ketidakpastian lagi. Oleh karena itu, mari kita lihat berbagai informasi yang dapat membantu Anda mengatasi serangan panik di bawah ini.

Teknik-Teknik Mengatasi Serangan Panik

Jika Anda mengalami serangan panik seperti gejala-gejala yang telah dijelaskan di atas, teknik ini dapat membuatnya merasa kurang menakutkan dan dapat membantu Anda keluar dari itu:

1. Mencoba menyatu dengan ombak

Image result for perasaan santai di pantai shutterstock

https://magazine.job-like.com

Serangan panik sering datang dalam gelombang sensasi kesemutan, pusing, sesak napas, dan pikiran yang kalut bercampur aduk. Banyak orang mencoba untuk membuat perasaan ini berhenti dengan berusaha untuk keluar dari pikiran itu. Ketika Anda mulai merasakan sensasi panik, jangan mencoba untuk menghentikan mereka secara langsung, tetapi visualisasikan setiap perasaan sebagai ombak, hingga akhirnya hal itu menjadi kurang intens dan Anda merasa seperti sedang beristirahat di pantai. 

2. Menenangkan napas dan otot

Related image

http://saltuary.com.au

Tenangkan napas Anda. Letakkan satu tangan di atas dada dan yang lainnya pada diafragma Anda. Ambil napas yang lambat dan dalam melalui hidung dan berhitung hingga lima. Tanga di dada harus tetap diam, sementara tangan yang berada di diafragma harus mendeteksi apakah napas Anda sudah cukup dalam.

Ketika Anda mencapai lima hitungan, biarkan napas keluar secara perlahan melalui hidung pada tingkat yang sama. Kemudian lemaskan otot-otot Anda. Carilah posisi yang nyaman untuk duduk atau berbaring. 

3. Melibatkan seluruh otak

Image result for berpikir positif shutterstock

http://antiketombe.clear.co.id

Jika Anda memiliki serangan panik, itu karena bagian emosional otak Anda (yang bertanggung jawab untuk melawan atau menerima tanggapan) tidak terkontrol. Dengan melibatkan otak logis (otak berpikir) untuk menguasai otak emosional Anda, merupakan salah satu terapi yang paling efektif untuk kegelisahan dan panik.

Ketika serangan panik datang, gunakan otak logis untuk berbicara pada diri sendiri melalui itu. Anda dapat mengatakan pada diri sendiri, “Kepanikan yang mengganggu telah datang lagi. Ini akan terasa sedikit mengesalkan, tapi aku senang hal ini akan segera berakhir.” Penalaran verbal seperti itu dapat membantu Anda untuk memahami sensasi panik sebagai hal yang bersifat sementara.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia.Mengatasi Serangan Panik? Coba Langkah Ini!Mengatasi Serangan Panik? Coba Langkah Ini!

Tag: articles