Sedang Berjerawat, Bolehkah Melakukan Facial?

Beragam cara dilakukan untuk membuat wajah terlihat bersih. Salah satu perawatan yang sering menjadi pilihan yaitu facial. Namun, banyak pro dan kontra mengenai facial saat kulit sedang jerawatan. Ada yang bilang facial wajah berjerawat itu sah-sah saja, ada yang justru melarang. Nah, untuk lebih jelasnya saya akan menjawab kegalauan Anda tentang facial wajah berjerawat dari kacamata medis.

Apa itu facial?

Image result for facial treatment shutterstock

https://www.therapy4life.net

Facial adalah serangkaian tindakan yang dilakukan untuk merawat wajah secara keseluruhan. Umumnya, facialterdiri dari pemijatan, pembersihan wajah dengan scrubchemical peeling, mikrodermabrasi (pengelupasan kulit), ekstraksi komedo, dan diakhiri dengan pemberian masker wajah yang disesuaikan dengan kulit pasien.

Prosedur facial sangat beragam dan tergantung dari masing-masing klinik kecantikan yang Anda datangi. Biasanya, bahan yang digunakan dalam facial disesuaikan dengan jenis kulit yang Anda miliki. Misalnya, untuk kulit berjerawat facial bisa dikombinasikan dengan chemical peeling menggunakan asam salisilat.

Facial wajah berjerawat, sebenarnya boleh apa tidak?

Prosedur facial wajah berjerawat atau disebut acne prone skin sebenarnya memiliki banyak manfaat. Proses ekstraksi atau mengeluarkan komedo saat facial bisa menurunkan risiko tumbuhnya jerawat baru dari komedo yang ada di wajah Anda. Selain itu, pemberian masker khusus di akhir tindakan, seperti masker tea tree atau masker lemon, dapat membantu mengurangi bakteri P. Acnes yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

Image result for berjerawat shutterstock

https://www.vemale.com

Namun, informasi mengenai facial saat kulit jerawatan masih menjadi perdebatan. Lantas bagaimana kebenarannya? Dari kacamata medis, facial boleh saja dilakukan saat wajah sedang berjerawat. Akan tetapi, yang tidak boleh dilakukan adalah proses ekstraksi pada jerawat yang sedang meradang.

Secara sederhana, ekstraksi jerawat merupakan proses mengeluarkan cairan atau isi jerawat dengan alat khusus (memecahkan jerawat). Saat jerawat meradang, prosedur ini harus dihindari karena bisa mengakibatkan infeksi dan bopeng pada kulit wajah Anda.

Oleh sebab itu, facial memang diperbolehkan saat Anda sedang jerawatan, tapi tergantung pada jenis dan seberapa banyak jerawat di wajah Anda. Jika jerawat di wajah hanya satu-dua saja maka Anda masih boleh melakukan facial wajah berjerawat sedikit. Dengan catatan, jangan melakukan ekstraksi pada jerawat yang sedang meradang.

Namun, jika jerawat yang Anda miliki jenis papulopustulosa dan menyerang dalam jumlah banyak dan hampir semuanya meradang, maka Anda tidak disarankan untuk melakukan facial.

Ciri-ciri jerawat meradang yaitu kulit wajah yang memerah dan jerawat yang juga berwarna kemerahan, bahkan mengandung nanah. Jika hal ini yang sedang Anda alami, maka jangan lakukan facial hingga jerawat yang meradang sudah mulai membaik.

Apakah facial wajah berjerawat bisa membersihkan kulit?

Image result for facial shutterstock

http://gladeyecarecenter.com

Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. Mengapa begitu? Facial pada dasarnya hanya membantu membersihkan wajah lebih dalam dengan menghilangkan komedo dan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Sementara itu, penyebab jerawat sangatlah banyak dan bukan hanya dari komedo serta sel kulit mati saja.

Jadi jika penyebab wajah jerawat di wajah Anda karena faktor hormon dan penyebab lainnya, maka perawatanfacial wajah berjerawat tidak terlalu membantu. Selain itu, efek facial juga hanya sementara dan perlu dilakukan secara berulang setiap kali dibutuhkan.

Tag: articles

Akmelia