Risiko Mengkonsumsi Minuman Berenergi

Konsumsi minuman energi kini makin umum, tidak hanya pada usia remaja dan dewasa, tetapi juga orangtua, bahkan anak-anak di bawah umur, karena minuman jenis ini biasanya rasanya manis. Alasan utama seseorang meminum minuman energi adalah untuk mendapatkan kesegaran dan agar bisa tetap beraktivitas sepanjang waktu.

Minuman berenergi merupakan minuman yang dapat meningkatkan kinerja dan energi seseorang. Dengan zat-zat yang terkandung di dalamnya, minuman ini mampu membuat seseorang menjadi berenergi dalam melakukan aktifitas. Oleh sebab banyak orang meminumnya dengan rutin dan mengalami kecanduan. 

Berikut adalah dampak buruk dari minuman berenergi : 

1. Merusak Ginjal

Dengan sering mengkonsumsi minuman ini, akan menbuat glomerulus yang bertugas menyaring darah pada ginjal mengalami piknosisi dan nekrosis yakni bentuk kematian sel. Tentu cuci darah adalah pengobatan yang harus dijalani karena ginjal telah kehilangan kemampuan untuk menyaring zat beracun.

2. Melemahnya Konsentrasi

Ternyata jika terlalu banyak mengkonsumsi minuman berenergi hingga 2 sampai 3 kali sehari bisa menyebabkan konsentrasi menjadi terganggu. Tentu hal ini sangat mempengaruhi aktifitas yang dilakukan sehari-hari. Yang kita harap dapat membuat kita lebih produktif ternyata justru menghambat kita. 

3. Bahaya bagi Tulang

Kafein yang terkandung pada minuman berenergi dapat mengganggu penyerapan kalsium usus. Dan bisa menyebabkan masalah terhadap pengembangan tulang yang kuat. Selain itu, minuman ini juga membuat peminumnya beresiko terkena osteoporosis.

4. Serangan Jantung

Minuman berenergi bisa membuat detak jantung menjadi tidak stabil dan bisa memacu jantung untuk bekerja lebih cepat dari biasa. Hal ini terjadi karena minuman berenergi memiliki fungsi untuk menghasilkan energi yang besar sebagai pengganti energi yang hilang ketika melakukan aktifitas. Jika sudah dikonsumsi secara berlebihan apalagi jika penderita hipertensi yang mengkonsumsinya, maka bisa menimbulkan resiko berbahaya seperti serangan jantung dan berujung kepada kematian.

5. Keguguran

Jika seorang wanita sering mengkonsumsi minuman berenergi, maka efeknya bisa menyebabkan keguguran jika telah hamil nantinya. Hal ini diakibatkan oleh kandungan kafein yang terdapat dalam minuman berenergi. Jika ingin mendapatkan tambahan energi, kita bisa mengganti minuman berenergi ini dengan minuman air kelapa murni. Karena air kelapa mengandung elektrolit yang mampu mengganti cairan tubuh yang hilang dan mengandung mineral yang sangat baik untuk tubuh.

Nah sekarang kita sudah tau dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh minuman berenergi. Mulai sekarang mari kurangi dan hindari mengkonsumsi minuman ini. Jika Anda memang butuh sekali minuman berenergi, Anda dapat menggantinya dengan minuman alami, seperti air kelapa contohnya.

Tag: articles

arif