Home ยป Penderita Asam Urat Hindari Makanan-Makanan Ini!

Penderita Asam Urat Hindari Makanan-Makanan Ini!

Asam urat merupakan penyakit yang timbul akibat penumpukkan asam urat sebagai hasil dari penguraian zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Jika jumlah asam urat yang dibuang lebih kecil daripada jumlah produksinya, maka sisanya akan tertimbun dan membentuk kristal tajam di persendian dan menimbulkan peradangan yang terasa sangat sakit. Salah satu faktor penyebab asam urat yang umum adalah berasal dari makanan tinggi zat purin. Purin adalah zat alami yang ditemukan didalam sel, termasuk didalam tumbuhan maupun hewan di sekitar kita.

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa contoh makanan yang bisa memperburuk penyakit asam uratmu.

Makanan dari Tepung

Hindari makanan yang terbuat dari tepung, terutama tepung putih olahan yang biasa Anda makan tidak mengandung banyak nutrisi sehat. Malahan, mengonsumsinya secara berlebihan bisa memicu peradangan.

Makanan tinggi asam lemak omega 6

haibunda.com

Asam lemak omega 6 memang penting untuk kesehatan tubuh. Namun mengonsumsinya secara berlebihan juga tidak baik, bisa meningkatkan peradangan dalam tubuh. Beberapa contoh makanan tinggi asam lemak omega 6 yang harus kamu konsumsi secara bijak adalah minyak jagung, minyak bunga matahari, hingga mayones.

Makanan manis

Selain menyebabkan diabetes, makanan manis juga akan meningkatkan peradangan dalam tubuh.

Makanan tinggi garam

detikfood

Makanan tinggi garam tidak hanya menyebabkan hipertensi, makanan tinggi garam juga bisa memperburuk asam urat hingga penyakit autoimun seperti rematik, psoriasis, serta multiple sclerosis.

Gorengan

Gorengan sudah jelas mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan peradangan dalam tubuh dan memperburuk penyakit asam urat.

Makanan yang dibakar

cookpad.com

Makanan yang diolah dengan cara tertentu seperti dipanggang, dimasak berlebih, atau dibakar akan menghasilkan toksin tertentu. Toksin atau racun ini bisa memicu peradangan dalam tubuh.

Produk olahan susu

everydaydishes.com

Pada beberapa orang, susu dan produk olahannya bisa menyebabkan peradangan yang memperburuk penyakit asam urat.

Nah untuk Anda yang sering mengalami asam urat, yuk hindari makanan-makanan tadi agar tidak memperparah asam urat Anda.

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *