Home ยป Military Diet, Ampuh Menurunkan Berat Badan Hingga 15 Kg dalam Sebulan

Military Diet, Ampuh Menurunkan Berat Badan Hingga 15 Kg dalam Sebulan

Para penganut diet ekstrim percaya bahwa berat badan bisa turun drastis — 15 kilogram hanya dalam sebulan! Tapi, apa military diet sehat?

Apa itu military diet?

Pada dasarnya, military diet adalah diet rendah kalori dan rendah karbohidrat yang membantu Anda menurunkan berat badan hingga 5 kilogram dalam rentang waktu 1 minggu. Pola diet militer melibatkan 3 hari diet ketat yang diikuti 4 hari libur. Siklus mingguan akan berulang lagi dan lagi sampai Anda mencapai gol berat badan yang diimpikan.

Apakah diet militer ini benar efektif untuk menurunkan berat badan?

Diet rendah kalori memaksa tubuh Anda bertahan di “mode kelaparan” karena konsumsi makanan yang sedikit. Akibatnya, tubuh mulai waspada dan menghemat energi dengan cara mengurangi jumlah kalori yang dibakar. Ini merupakan mekanisme alami tubuh untuk melindungi Anda dari kelaparan. Mode kelaparan bisa terjadi ketika tubuh tidak menerima cukup kalori dalam jangka panjang.

Mode kelaparan menyebabkan tubuh lebih memilih untuk menggunakan energi dari otot sehingga massa otot dan berat badan air pun berkurang. Akibatnya, metabolisme Anda pun ikut melambat. Pada pola diet rendah kalori umumnya, berat badan akan kembali naik begitu Anda kembali mulai makan seperti biasa. Tapi di sisi lain, diet militer ini juga dipercaya membantu Anda membakar simpanan lemak.

Meski begitu, berapa banyak pastinya berat badan yang akan hilang dari masing-masing orang akan bergantung pada usia, kesehatan, dan berat badan saat ini. Tapi walau tampak mudah dilakukan, military diet merupakan metode diet ekstrim yang belum tentu aman dilakukan setiap orang.

“Jika Anda terbiasa makan 2.000 sampai 2.500 kalori per hari, pembatasan asupan secara drastis akan sulit dilakukan,” kata ahli diet terdaftar Lisa Drayer kepada CNN. Anda akan merasa cepat lelah dan mudah marah, juga sulit berkonsentrasi. Anda juga mungkin jadi kurang fokus dan bertenaga untuk berolahraga karena lemas kelaparan.

Pilihan menu makanan dari military diet diragukan oleh banyak ahli gizi dunia

Asupan protein yang didapat selama 3 hari diet militer berasal dari sosis dan tuna kalengan, yang merupakan daging hasil prosesan. Makanan olahan itu sendiri sudah sejak lama terkait dengan peningkatan risiko kanker. Selain itu, es krim juga bukanlah pilihan makanan yang tepat untuk menunjang asupan kalori selama diet demi menahan lapar. Ada banyak pilihan makanan lain yang lebih sehat dan mampu membuat Anda kenyang lebih lama.

Image result for diet militer shutterstock

https://sains.kompas.com

Para penganut military diet meyakini bahwa kombinasi makanan di atas dapat meningkatkan metabolisme Anda. Padahal, “Tidak ada kebenaran di balik klaim bahwa kombinasi makanan dalam beberapa hari pertama akan meningkatkan metabolisme dan membakar lemak,” kata Ellaine Magee, ahli gizi terdaftar.

Yang ada, mode kelaparan saat diet malah akan memperlambat metabolisme tubuh, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Terlebih lagi, metode military diet bahkan tidak menganjurkan penggiatnya untuk berolahraga. Cukup dengan membatasi asupan makanan. Metode diet kilat dapat menyebabkan berat badan naik-turun yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, mengacaukan tingkat metabolisme Anda, dan meningkatkan risiko masalah kesehatan lainnya, seperti batu empedu dan masalah jantung, tutup Magee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *