Home ยป Manfaat Yoga bagi Kesehatan

Manfaat Yoga bagi Kesehatan

Yoga sudah diperkenalkan kira-kira 2000 tahun sebelum masehi. Kata yoga berasal dari bahasa sansekerta yang artinya “serikat” atau “bersatu” dengan alam atau Sang Pencipta. Olahraga ini bertujuan untuk membawa perdamaian dan keseimbangan dalam batin agar bisa terlepas dari segala bentuk keduniawian.

Yoga belakangan ini menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati. Jika sebelumnya yoga lebih sering dikenal sebagai olahraga meditasi, kini, yoga dipercaya dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan beberapa olahraga lainnya. 

Berikut adalah beberapa manfaat Yoga bagi kesehatan : 

1. Mencegah dan Menghilangkan Stress

Ketika anda melakuukan yoga, seluruh pikiran anda akan dibawa ke dalam alam relaksasi, sehingga banyak pikiran dan emosi negative akan keluar dengan sendirinya, begitu pula ketika anda sedang stress. Karena berbagai penyakit bersumber dari Stress.

2. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Kortisol merupakan hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar adrenalin atas respon saat keadaan krisis akut. Secara temporal, hormon ini dapat mendorong fungsi kekebalan. Jika hormon kortisol terus meningkat maka yang terjadi adalah gangguan memori dan menyebabkan perubahan permanen pada otak. Dengan yoga, hormon ini dapat dikontrol produksinya.

3. Mengurangi Gejala Nyeri

Gerakan yoga seperti peregangan dapat membantu melenturkan tubuh sehingga gejala sakit pinggang dapat dihindari. Hal ini terjadi karena otot yang biasanya kaku akan menjadi lebih kencang dan kuat sehingga tidak kaku.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Latihan rileksasi dalam olahraga ini dapat membantu sirkulasi darah, khususnya di daerah tangan dan kaki. Selain itu yoga juga dapat membantu oksigen utnuk masuk ke dalam sel. Olahraga ini juga dapat meningkatkan kadar haemoglobin dan sel darah merah yang membawa oksigen ke jaringan.

5. Meningkatkan Kecerdasan

Yoga adalah salah satu olahraga meditasi. dan orang yang rutin bermeditasi transcendental mampu memecahkan masalah, mengolah informasi lebih baik karena mampu berkonsentrasi dan tidak mudah terganggu oleh masalah lain.

Nah mulai sekarang, lakukan yoga secara rutin, dan jangan sia-siakan manfaat yoga yang bisa Anda dapatkan. Yoga tidak hanya bisa berguna untuk ketenangan pikiran, tapi juga dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *