Jangan Berikan Si Kecil Cemilan Ini Sebelum Tidur!

Kualitas tidur seorang anak juga ditentukan dari asupan makanan yang mereka konsumsi sehari-hari. Apakah seluruh cakupan gizi yang diperlukan si kecil sudah terpenuhi atau justru makanan yang mereka konsumsi jauh dari kata 'sehat', yang malah menyulitkan mereka untuk terlelap d malam hari. Kebiasaan makan anak juga harus dilihat.

Anak-anak usia sekolah dasar atau balita, suka sekali dengan yang namanya camilan. Terutama mereka yang sangat aktif dan suka menikmati makanan ringan di antara jam makan utama. Camilan ini membuat anak-anak merasa kenyang dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Dalam memilih camilan, orangtua tentu harus cermat dan selektif. Jangan sampai camilan membuat si kecil malah mengabaikan makanan utama atau malah merusak jamtidurnya. Beberapa camilan yang diketahui bisa membuat anak terjaga lebih lama. Hal ini berdampak pada penurunan kualitas dan jumlah jam tidur pada si kecil. Saat bangun, bukan malah terlihat segar dan ceria, si kecil malah terlihat mengantuk dan tak bergairan. Hati-hati dengan camilan berikut karena bisa merusak kualitas tidur si kecil.

Camilan yang Perburuk Kualitas Tidur Anak

Kafein

 

steemit.com

Mungkin Anda tak memberikan kopi, tapi kafein banyak bentuknya dan bisa didapatkan dari camilan-camilan si kecil. Bisa dari cokelat, teh, es krim atau kue. Jika memberikan makanan dalam kemasan untuk anak, lihat dulu informasi gizinya. Apabila terdapat kafein di dalamnya, pastikan si kecil tak terlalu banyak mengonsumsinya.

Keripik

thehomefood.in

Makanan renyah seperti keripik kentang, keripik atau yang digoreng dengan banyak minyak, menurut penelitian bisa mengurangi kualitas tidur. Hindari memberikan makanan-makanan ini sebelum jam tidur. Sebagai alternatif bisa sediakan biskuit cracker tawar untuknya.

Pemicu kortisol

jennycancook.com

Makanan kaya karbohidrat dan gula akan meningkatkan level kortisol dalam tubuh, dan memicu stres. Pada anak-anak mengonsumsi terlalu banyak makanan tersebut bisa membuatnya jadi lebih rewel. Biasanya makanan kaya gula dan karbohidrat banyak terdapat pada donat manis, kue penuh krim atau biskuit lapis gula dan makanan cepat saji. Jangan berikan makanan-makanan tersebut pada si kecil jelang tidur.

Nah untuk kalian para orangtua, jangan berikan si kecil cemilan ini sebelum tidur ya agar kualitas tidur si kecil baik dan tidak terganggu!

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Tag: articles

Vionita