Home ยป Cara Mencegah Sariawan di Bulan Ramadhan

Cara Mencegah Sariawan di Bulan Ramadhan

Saat berpuasa, kesehatan gigi dan mulut sering kali luput dari perhatian. Akibatnya, beberapa penyakit kerap muncul seperti sariawan.

Dokter gigi Ratu Mirah Afifah dalam CNNIndonesia menjelaskan sariawan dipicu oleh beberapa penyebab seperti luka akibat menggosok gigi, tergigit, kekurangan cairan, vitamin, zat besi, stres dan perubahan hormon untuk wanita hamil dan menstruasi. Pada bulan puasa, potensi terkena sariawan biasanya meningkat lantaran kebiasaan makan dan minum yang berubah.

“Bukan karena puasa jadi bikin sariawan, tapi ketika puasa kebiasaan makan dan minum berkurang”

Salah satu cara untuk mencegah sariawan adalah dengan mengonsumsi cairan yang cukup. Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan, orang dewasa dianjurkan mengonsumsi sebanyak 2 liter air atau 8 gelas perhari untuk mencukupi kebutuhan cairan. Saat berpuasa, pola minum ini dapat di bagi saat sahur hingga menjelang tidur.

Selain itu, agar banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan E. Makanan ini baik untuk mencegah sariawan. Dia juga meminta untuk menghindari makanan yang memiliki rasa ekstrem seperti terlalu panas, dingin, pedas, dan asam.

Makanan yang ekstrem itu dapat membuat lapisan rongga mulut menjadi lebih rentan terkena sariawan setelah seharian kering karena tidak mengonsumsi apa-apa.

Mulut yang kering membuat bakteri dan jamur lebih cepat berkembang biak. Oleh karena itu, disarankan agar kebersihan rongga mulut lebih diperhatikan saat berpuasa. Dia bahkan menganjurkan untuk meningkatkan frekuensi menggosok gigi dari yang hanya dua kali sehari pada hari biasa menjadi tiga kali sehari saat berpuasa.

“Sikat gigi sesudah sahur, kemudian setelah berbuka puasa, dan sebelum tidur.”

Sariawan yang menyerang rongga mulut, menurut Ratu, biasanya dapat membaik dengan sendirinya dalam kurun waktu sepekan seiring dengan menambah asupan cairan dan vitamin. Jika sariawan tumbuh di banyak tempat di rongga mulut dan terasa sangat mengganggu bahkan sampai meriang, Ratu menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau menggunakan obat yang banyak tersedia di apotek.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan baby sitter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *