Home ยป Benarkah Vitamin E Dapat Memperlambat Perkembangan Penyakit Alzheimer?

Benarkah Vitamin E Dapat Memperlambat Perkembangan Penyakit Alzheimer?

Alzheimer merupakan suatu keadaan di mana terjadi kemunduruan mental secara progresif akibat degenerasi sel-sel otak yang biasanya mengenai orang lanjut usia atau paruh baya. Belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan keadaan ini. Berbagai pengobatan Alzheimer yang ada sekarang ini hanya dapat memperlambat perkembangan atau progresifitas penyakit.

Image result for vitamin e

https://s3.amazonaws.com/

Sebuah penelitian terhadap vitamin E yang dilakukan pada tahun 2005 menemukan bahwa mengkonsumsi vitamin E dosis tinggi dapat meningkatkan resiko kematian. Sementara itu, penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa vitamin E tidak dapat mencegah terjadi penyakit jantung atau kanker.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa vitamin E tidak dapat memperbaiki kemampuan berpikir pada orang yang tidak mengalami gangguan daya ingat dan juga tidak dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer pada orang yang mengalami gangguan kognitif ringan.

Akan tetapi, sebuah penelitian lainnya menemukan bahwa penderita Alzheimer ringan hingga sedang yang mengkonsumsi vitamin E dosis tinggi mengalami perlambatan penurunan fungsi (perlambatan perkembangan penyakit). Perlambatan yang dimaksud di sini adalah bahwa perkembangan penyakit yang seharusnya terjadi dalam 6 bulan, dapat diperlambat hingga 2 tahun.

Penelitian ini juga menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi vitamin E dapat melakukan berbagai hal seperti memakai baju sendiri sehingga mengurangi ketergantungannya pada orang lain.

Penelitian ini juga menemukan bahwa penderita alzheimer yang mengkonsumsi vitamin E memiliki perkembangan yang lebih baik daripada penderita yang mengkonsumi plasebo.

Karena sedikitnya peserta dalam penelitian ini (613 orang), maka masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada lebih banyak orang untuk membuktikan manfaat vitamin E terhadap penyakit Alzheimer ini. 
Selain itu, para peneliti juga masih tidak mengetahui mengapa vitamin E dapat memperlambat progresifitas penyakit Alzheimer stadium awal, tetapi tidak pada stadium lanjut. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat vitamin E ini. Para peneliti juga menekankan agar para penderita Alzheimer tidak mengkonsumsi vitamin E dosis tinggi tanpa izin atau pengawasan dari dokter anda. (dokter.id)

 

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *