5 Tips Membentuk Perut Six Pack

Memiliki perut six pack merupakan idaman setiap orang. Selain menandakan kebugaran, perut six pack baik pada pria maupun wanita juga membuat seseorang lebih atraktif. Untuk memiliki perut six pack, Anda harus fokus kepada pembakaran lemak tubuh, bukan pada penurunan berat badan. Di bawah ini terdapat cara membentuk perut six pack yang baik dan benar seperti yang dilansir hellosehat, yaitu:

1. Makan cukup protein

Image result for makan protein shutterstock

https://www.msn.com

Protein dapat membentuk otot dan membakar lemak pada tubuh. Dari seluruh makronutrien (protein, kerbohidrat, dan lemak), protein memiliki efek termogenik tertinggi, yaitu efek yang memproduksi panas untuk mengurangi kelelahan pada tubuh. Itulah yang menyebabkan protein disebut sebagai makronutrien yang paling berharga dari semuanya.

2. Makan karbohidrat setelah berolahraga

Image result for makan karbohidrat shutterstock

https://hellosehat.com

Banyak orang yang keliru dan percaya bahwa karbohidrat adalah makronutrien yang buruk dan dapat menyebabkan gemuk. Namun, gandum alami atau karbohidrat tepung seperti ubi, beras merah, dan oatmealsebenarnya cukup bermanfaat untuk misi Anda membentuk perut six pack, terutama jika dikonsumsi setelah berolahraga. Ketika Anda makan karbohidrat setelah berolahraga, karbohidrat hanya memiliki sedikit kemungkinan untuk berubah menjadi lemak tubuh.

3. Makan lemak sehat

Image result for makan lemak sehat shutterstock

http://kampuskita.upnyk.ac.id

Pastikan Anda juga manyertakan lemak sehat pada makanan Anda terutama lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal seperti kacang-kacangan mentah, selai kacang, minyak ikan, dan minyak zaitun. Lemak makanan dari sumber-sumber tersebut akan menjaga tingkat insulin stabil, yang penting untuk menurunkan lemak perut dan membentuk perut six pack.

4. Berhenti melakukan crunch

Related image

https://www.shutterstock.com

Mike Wunsch, C.S.C.S, pendiri Men’s Health, mengatakan bahwa gerakan otot perut klasik seperti sit-up dan crunch akan bekerja hanya pada otot-otot yang berfungsi untuk melenturkan tubuh, yaitu pada tulang belakang bagian bawah. Namun gerakan multi sendi, seperti angkat beban, akan menghasilkan jauh lebih besar penurunan lemak total dan pembentukan otot daripada crunch dan sit-up. Angkat beban dapat membangun otot dan stamina tubuh. Hal ini akan mempertahankan massa otot Anda sambil membakar lemak tubuh.

5. Berhenti menghabiskan waktu Anda di treadmill

Image result for treadmill shutterstock

https://www.shutterstock.com

Jika Anda hanya memiliki waktu sekitar 30-40 menit untuk olahraga, maka setiap detiknya harus dimanfaatkan dengan baik. Studi di University of Southern Maine menemukan bahwa satu set latihan angkat beban membakar kalori dengan jumlah yang sama banyak ketika kita berlari dengan waktu 6 menit per 1,6 km. Jadi, setiap detik Anda mengangkat beban, Anda akan menghasilkan lebih banyak energi.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan baby sitter.

Tag: articles

Akmelia