Yang Terjadi pada Tubuh Jika Memaksa Berolahraga Saat Sakit 

Berolahraga memang merupakan kegiatan yang menyehatkan tubuh. Namun, ketika kondisi tubuh Anda sedang tidak bugar, sebaiknya jangan memaksa melakukan olahraga. Bukannya sehat, olahraga saat sakit justru dapat membahayakan tubuh.

Pada saat demam, flu, atau sakit tenggorokan, memang rasanya tidak terlalu berat untuk melakukan olahraga. Namun, lebih baik mendengarkan sinyal tubuh dan menurunkan intensitas latihan.

Jika Anda masih memaksa, berikut beberapa dampak yang akan dirasakan tubuh, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Dehidrasi

Demam merupakan indikasi bahwa tubuh Anda sedang melawan infeksi. Untuk membantu sistem kekebalan tubuh melawan flu, cobalah beristirahat dengan memberi tubuh waktu untuk pulih. Di sisi lain, jika Anda mengalami demam tinggi, Anda akan rentan terhadap dehidrasi.

Berolahraga di saat tubuh sedang demam akan memperburuk kondisi dehidrasi, terutama jika Anda tidak terlalu suka minum air. Pastikan untuk minum banyak cairan untuk mengisi ulang sistem tubuh Anda.

Pusing

Jika Anda mengalami gejala nyeri tubuh, menggigil, masalah perut, dan diare, maka lebih baik menambah waktu untuk beristirahat.

Diare bisa menyebabkan dehidrasi. Salah satu efek samping dari berolahraga ketika sakit adalah memperparah dehidrasi dan pusing.

Mual

Mual dapat terjadi ketika tubuh Anda sedang mencari energi dan tidak tersedia. Bahaya olahraga saat sedang sakit adalah membuat energi berkurang, yang dapat memicu rasa mual.

Kekurangan Tidur

Anda merasa kurang tidur atau tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas? Itu bisa jadi gejala overtraining.

Beberapa orang mengalami gejala tersebut ketika memaksa tubuhnya berolahraga saat kondisi badan sedang tidak sehat.

Ketidakseimbangan Hormon

Olahraga dengan intensitas tinggi harus dihindari ketika Anda sakit karena jenis olahraga ini dapat meningkatkan produksi kortisol (hormon stres).

Ketika latihan menjadi ekstrem, akan ada penurunan jumlah sel darah putih dalam tubuh dan meningkatkan jumlah kortisol, yang dapat menghalangi kemampuan sel kekebalan untuk bekerja secara efisien.

 

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya