Waspada Gejala Paru-Paru Basah

Penyakit paru-paru basah atau pneumonia adalah sebuah peradangan yang terjadi di dalam jaringan paru-paru baik itu di salah satu paru-paru atau keduanya dikarenakan adanya infeksi. Di dalam paru-paru terdapat gelembung-gelembung yang berisi udara namun karena adanya infeksi ini maka gelembung tersebut menjadi bengkak dan terisi cairan.

Penyakit ini mungkin merupakan penyakit dengan kategori cukup serius karena bisa menyebabkan kematian, sehingga tidak jarang banyak orang menghindari penyakit ini dengan mengatur gaya hidup sehat. Biasanya peradangan paru paru basah disebabkan oleh infeksi bakteri, tetapi juga dapat disebabkan oleh virus, jamur, atau parasit. Kuman-kuman ini ada di sekitar kita. 

Berikut adalah gejala-gejala dari Paru-Paru Basah :

1. Batuk

Batuk yang tidak sembuh walaupun sudah diberikan segala macam obat merupakan salah satu tanda bahwa anda mengalami paru-paru basah. Batuk yang akan dialami biasanya berupa batuk kering baru kemudian menjadi batuk berdahak.

2. Sakit Kepala

Penderita paru-paru basah biasanya akan merasakan sakit kepala yang ringan. Hal ini dikarenakan kurangnya pasokan oksigen ke otak. Jadi, jika anda mengalami sakit kepala bukan berarti bagian kepala anda yang sakit namun bisa jadi ada organ lain yang bermasalah. Selalu waspada dengan keadaan ini.

3. Sakit di Bagian Dada

Infeksi di bagian gelembung paru-paru yang disebabkan oleh virus maupun bakteri sehingga terjadi pembengkakan di dalamnya. Secara posisi di dalam tubuh, organ paru-paru ini tepat di dalam tulang dada maka ini akan mengakibatkan rasa sakit dan nyeri pada bagian dada apabila dipegang ataupun tidak.

4. Muncul Keringat Dingin

Munculnya keringat dingin terutama pada telapak tangan dan kaki. Gejala ini merupakan yang paling umum dirasakan oleh para penderitanya. Keringat dingin yang dialami oleh para penderita paru-paru basah bukan karena efek dari cuaca panas namun terjadi karena adanya ketidaklancaran oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, tubuh merespon dengan cara mengeluarkan keringat sebagai salah satu aksi protes.

5. Batuk Darah

Selain batuk berdahak dan batuk kering yang akan dialami oleh penderita paru-paru basah, batuk yang akan dialami juga biasanya bisa berupa darah. Hal ini sangat tidak baik dan mengindikasikan bahwa penyakit tersebut sudah cukup parah karena pembengkakan di dalam gelembung paru-paru sudah cukup parah dan pecah sehingga terjadi pendarahan di dalamnya.

Disarankan bila mengidap penyakit ini, untuk menanganinya dengan serius dan baik. Jika tidak, akan menimbulkan penyakit - penyakit serius seperti Kanker Paru - Paru, TBC, dan lainnya. Terutama Lansia dan anak-anak, karena mereka harus diawasi dengan baik. Oleh sebab itu Insan Medika menyediakan perawat yang berkualitas yang dapat merawat, menjaga dan menemani keluarga Anda yang sedang menderita penyakit ini. Disaat Anda terlalu sibuk dengan aktifitas harian Anda, perawat dari Insan Medika akan menjaganya untuk Anda selama 24 jam. Jadi akan memaksimalkan proses penyembuhan sehingga dapat lekas sembuh.

Tag: articles

arif