Waspada! Efek Buruk dari Semprotan Pembersih

Waspada! Efek Buruk dari Semprotan Pembersih

Akhir pekan kadang jadi waktu yang tepat untuk bersih-bersih. Kalau tidak sempat, terdapat semprotan pembersih siap pakai dan praktis digunakan. Namun, cairan yang biasanya cukup disemprotkan ini rupanya punya efek yang berbahaya bagi paru-paru, khususnya pada perempuan.

"Sebuah studi menemukan bahwa terjadi penurunan fungsi paru-paru pada perempuan yang menggunakan semprotan pembersih secara rutin dan terus menerus. Penurunan fungsi ini memiliki derajat setara dengan menghabiskan 20 batang rokok per hari selama 10-20 tahun."

Image result for semprotan pembersih shutterstock

http://rona.metrotvnews.com

Dilansir dari CNNIndonesia, studi yang dipublikasikan di American Thoracic Society's American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine ini melihat data dari lebih dari 6.200 partisipan. Periset meneliti rekam jejak kesehatan partisipan pada 20 tahun terakhir.

Periset meneliti fungsi paru-paru dengan melihat banyaknya udara yang dapat dihembuskan orang. Temuannya, volume udara menurun 3,6 mililiter per tahun lebih cepat pada perempuan yang secara rutin membersihkan rumah. Sedangkan pada mereka yang bekerja di bagian kebersihan bisa sampai 3,9 mililiter per tahun lebih cepat. Penurunan ini memungkinkan cairan yang terhirup mengendap di paru-paru dan tak keluar lagi. Endapan bisa mengakibatkan iritasi pada membran mukus pada jalan napas.

Related image

https://www.medcom.id

Hal berbeda ditemukan pada laki-laki. Meski mereka menggunakan cairan pembersih secara teratur seperti perempuan, tapi tak ditemukan tren serupa.

Sementara itu, perempuan yang bersih-bersih rumah atau memang bekerja sebagai tenaga bersih-bersih punya risiko terkena asma daripada mereka yang tidak bersih-bersih.

Para ahli menyarankan para perempuan untuk mengurangi atau malah menghindari penggunaan semprotan pembersih berbahan kimia. Lebih baik menggunakan air panas dan kain fiber atau alat pembersih lain seperti steam cleaner. Yuk, mulai biasakan hidup sehat tanpa bergantung pada bahan kimia!

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan baby sitter.

Tag: articles

Akmelia