Waspada Bahaya Makan Telur Setiap Hari

Telur adalah salah satu jenis makanan super yang menjadi sumber protein tinggi bagi anak anak dan orang dewasa. Telur dapat diolah menjadi berbagai menu masakan yang berbeda diantaranya dapat dijadikan sebagai gulai telur, semur telur, dadar telur dan lain-lain. Dimana tidak ada satupun cara mengolah yang dapat mengurangi citarasanya yang selalu lezat. Menu masakan dari bahan dasar telur banyak dijumpai di berbagai kedai makanan.

Kandungan gizi yang ada pada telur adalah: Kolin, Protein, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Lemak, Fosfor, Karbohidrat, Zat besi dan Kalsium

Telur akan berbahaya apabila dikonsumsi setiap hati, resikonya adalah sebagai berikut:

1. Kolesterol

Image result for kolesterol shutterstock

https://www.merdeka.com

Mengkonsumsi kuning telur secara berlebihan atau setiap hari dapat memicu peningkatan kolesterol dalam tubuh. Bagi orang orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi dapat beresiko terserang stroke ringan. Kolesterol dalam telur dapat menyumbat aliran darah dan memblokir klelancaran oksigen dalam darah untuk mengalir pada jaringan pembuluh darah.

2. Tumbuh Bisul

Image result for tumbuh bisul shutterstock

https://hellosehat.com

Telur mengandung lemak cukup tinggi yang jika dikonsumsi lebih dari 3 butir setiap hari maka akan mengacaukan kadar minyak alami yang stabil ada pada lapisan kulit terdalam sehingga dapat menyebabkan munculnya bisul kecil.

3. Hipertensi

Image result for hipertensi shutterstock

http://www.asepnews.com

Seseorang yang memiliki penyakit hipertensi sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi telur, Karena kandungan lemaknya mampu menyumbat pembuluh darah dan memicu peningkatan tekanan darah. 

4. Asam urat

Image result for asam urat shutterstock

https://hellosehat.com

Bagi penderita asam urat sebaiknya hindari telur karena lemak dan zat fosfor dapat mengganggu kestabilan jumlah asam urat yang ada di persendian. Lemak pada telur mampu meningkatkan jumlah asam urat.

5. Bobot tubuh mudah naik

Image result for bobot tubuh naik shutterstock

https://www.klikdokter.com

Seseorang yang makan telur lebih dari 3 butir setiap hari dapat mempercepat penambahan bobot tubuhnya. Karbohidrat dan lemak yang ada di dalamnya dapat memicu penumpukan lemak didalam tubuh dan memperlambat metabolisme tubuh. 

6. Kadar gula dalam darah meningkat

Image result for kadar gula dalam darah shutterstock

https://beritagar.id

Telur memiliki kadar gula sendiri yang jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, dapat memicu penumpukan kadar gula dalam darah. Penderita gejala diabetes sebaiknya tidak makan telur secara berlebihan.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan baby sitter.

Tag: articles

Akmelia