Waspada 4 Hal Ini Sebabkan Konstipasi Pada Anak!

Konstipasi termasuk salah satu gangguan pencernaan yang sering menyerang banyak orang. Konstipasi menyerang tak pandang umur, baik dewasa, maupun anak kecil juga bisa mengalaminya. Anda pasti akan cemas bila dalam beberapa hari si kecil tidak buang air besar. Hal ini merupakan pertanda si kecil terserang konstipasi.

amqueretaro.com

Anda bisa bernafas lega jika konstipasi tidak berlangsung lebih dari dua minggu. Tapi jika ini sudah berlangsung hingga lebih dari dua minggu, ladies harus segera membawa si kecil ke dokter. Selain itu, anak dikategorikan terkena konstipasi bila fesesnya keras dan kering. Konstipasi biasanya juga diikuti dengan perut yang melilit dan darah pada feses anak. 

Konstipasi biasanya disebabkan oleh empat hal berikut ini:

  1. Yang pertama adalah salah pola makan. Anak yang mengkonsumsi terlalu banyak gula dan makanan kurang serat beresiko tinggi mengalami konstipasi. Kurangnya jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh juga dapat menyebabkan konstipasi. Perbanyak juga minum air putih.

  2. Ini mungkin terdengar sepele, namun menahan buang air besar juga bisa jadi penyebab konstipasi lho.

  3. Pergi rekreasi maupun aktivitas lain yang membuatnya jauh dari toilet rumah memungkinkan si kecil tidak mau pergi ke toilet.

  4. Anak yang kurang olahraga juga berpotensi mengalami konstipasi. Olahraga sangat bermanfaat untuk mendorong makanan masuk ke dalam proses pencernaan anak.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga ya. Segera obati jika anak Anda mengalami konstipasi agar tidak semakin parah. Berikan anak Anda makanan yang berserat tinggi dan pastikan anak Anda minum air putih yang cukup setiap harinya.

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Tag: articles

Vionita