Home ยป Untuk Perempuan, Hindari Konsumsi Makanan Yang Menurunkan Kesuburan!

Untuk Perempuan, Hindari Konsumsi Makanan Yang Menurunkan Kesuburan!

Kesuburan menjadi salah satu bahasan kesehatan yang umum di kalangan wanita. Sebabnya jika tingkat kesuburanmu rendah, maka tingkat untuk memiliki keturunan secara alami juga rendah.

Ada banyak faktor yang berkontribusi pada ketidaksuburan atau infertilitas wanita seperti gaya hidup tidak sehat, stres, hingga konsumsi pil KB dalam waktu lama. Selain itu, faktor makanan pun berpengaruh.

Dilansir dari Boldsky, ini dia contoh beberapa makanan yang bisa mengganggu kesuburan.

Makanan olahan

Makanan olahan mampu mengganggu kesuburan sebab penuh dengan MSG, lemak trans, dan sirup berfruktosa tinggi yang bisa sangat sulit untuk disingkirkan dari dalam tubuh. Dampaknya, akan terjadi gangguan kesuburan dan kenaikan berat badan.

Kafein

Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang minum 3 cangkir kopi hari memiliki kemungkinan 50% lebih kecil untuk hamil. Sebabnya kandungan kafein yang berlebih dalam tubuh bisa menurunkan penyerapan kalsium dalam tubuh dan tubuh yang kekurangan kalsium sulit hamil dengan mudah.

Gula

Kelebihan gula dalam tubuh akan menyulitkan hormon reproduksi untuk berfungsi. Padahal hormon-hormon ini diperlukan untuk melepaskan telur ke tuba falopi untuk kemudian dibuahi oleh sperma yang sehat.

Cokelat

Ini mungkin akan jadi kabar yang buruk bagimu si penggemar cokelat. Sebab kebanyakan cokelat juga bisa mengganggu kesuburan karena begitu tinggi kafein. Alasan lainnya adalah kandungan gula di dalam cokelat yang bisa memberikan efek buruk yang sama.

Kedelai dan produk olahan kedelai

musintuwu.com

Tak banyak yang tahu bahwa terlalu banyak konsumsi protein kedelai bisa menyebabkan beberapa masalah ketidaksuburan yang serius. Sebab kedelai mengandung estrogen dan phytoestrogen dalam bentuk tanaman yang bisa mengganggu kesuburan.

Alkohol dan rokok

Alkohol diketahui bisa memberikan efek yang sangat buruk untuk kesehatan reproduksi wanita seperti menciptakan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, menyebabkan kenaikan berat badan, merusak hati dan organ reproduksi. Demikian pula dengan rokok yang bisa mengurangi kesehatan telur. Semua ini akan berkontribusi pada infertilitas.

Nah untuk kalian para perempuan, kurangi konsumsi makanan-makanan ini ya agar kesuburanmu tidak menurun.

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *