Tips Memberikan Asupan Nutrisi Yang Baik Untuk lansia atau manula

Makan adalah sebuah kebutuhan dasar manusia yang sangat penting. Menurut kamus KBBI arti kata "makan" adalah memasukkan makanan pokok ke dalam mulut serta mengunyah dan menelannya. Di negara kita memang terdapat banyak pilhan macam makanan yang tersedia akan tetapi kualitas yang terkandung dari makanan itu sendiri berbeda beda dan kebanyakan kualitasnyapun tidak begitu baik.


Waktu adalah salah satu alasan kenapa kita dalam memilih makanan, karena waktu yang sempit menjadikan kita lebih memilih cara instan untuk memilih makanan bagi kita maupun orang yang kita kasihi. sehingga dengan seperti itu kualitas makanan yang kita konsumsi pun menjadi kurang begitu baik dan terkontrol, apalagi untuk orang tua yang memerlukan perlakuan dan makanan yang memang khusus untuk mereka.


Dengan melibatkan orang lain dan memilih jenis makanan dengan cermat apa yang terkandung dalam makanan itu sendiri akan membuat kualitas hidup pun meningkat. Pengalaman caregiver kami, bahwa kenapa lansia diharuskan mendapatkan nutrisi makan yang baik karena mereka mempunyai tantangan lainya untuk makan yaitu seperti mengunyah, menlan dan lainya yang akan mengakibatkan kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan yang tidak sehat, masalah mengunyah atau menelan, depresi, atau kebutuhan untuk mengurangi lemak dan gula dengan kondisi kronis tertentu.


Menurut peneliti bahwa cara memberikan makanan yang baik untuk lansia adalah :


  • 1. Memperbanyak konsumsi Sayuran dan Buah-buahan, Secara keseluruhan, serat, vitamin, dan enzim hadir dalam tanaman segar paling baik untuk kita semua. Mengukus sayuran sehingga lebih lembut bagi mereka yang memiliki masalah gigi mudah dilakukan. Bagi mereka yang tidak memiliki masalah mengunyah, potong sayuran mentah dengan saus yang enak sebagai camilan atau makanan kecil.

  • 2. Jadikan Makan Siang sebagai makanan besar, Kita semua sebenarnya membutuhkan lebih banyak kalori di awal hari. Seringkali saat makan malam, para manula terlalu lelah untuk menghabiskan makan dan beberapa manula memiliki lebih banyak masalah pencernaan di malam hari yang nantinya akan mengganggu tidur mereka.

  • 3. Pentingnya tingkat air dalam tubuh. Perbanyaklah konsumsi air putih . Penting bagi semua proses tubuh untuk menyesap beberapa cairan sepanjang hari. Semakin banyak buah dan sayuran dalam makanan kita, semakin alami hidrasi kita.

  • 4. Makan Makanan Kecil Lebih Sering. Lebih baik bagi kebanyakan manula untuk makan 5-6 makanan kecil sehari karena ini bisa membantu mengatur tinggi dan rendahnya kadar insulin dan mengurangi resiko sesak dada atau masalah pernapasan yang disebabkan makan besar

  • 5. Dorong asupan kalori lebih banyak bagi mereka yang telah kehilangan nafsu makannya

dan terakhir tawarkan lebih banyak kesempatan untuk bersosialisasi dan bersama orang lain sehingga tingkat stres pun bisa berkurang dan asupan makanan pun akan lebih mudah masuk kedalam tubuh.


www.insanmedika.co.id

Tag: articles

Rahardian Bagja