Tidak Suka Kacang Hijau? Anda Perlu Tau Manfaatnya!

Siapa yang tidak suka bubur kacang hijau? Selain dalam bentuk bubur, kacang hijau juga tetap terasa nikmat baik disajikan dalam bentuk lain seperti bakpia atau onde-onde. Namun apakah Anda tahu apa manfaat kacang hijau bagi kesehatan?

Kacang hijau adalah salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan untuk menggantikan konsumsi padi. Tanaman ini biasa juga dikenal dengan sebutan green gram, mung bean, golden gram, dan vigna radiate sebagai nama ilmiahnya. Kacang hijau biasa ditemukan dan diproduksi di Cina, India, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan. Apa saja manfaat kacang hijau pada tubuh kita? 

1. Mencegah penyakit jantung

Image result for mencegah penyakit jantung shutterstock

https://www.merdeka.com

Suatu studi mengungkapkan bahwa kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ia mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, dan mengurangi pembengkakan.

2. Mencegah kanker

Image result for mencegah kanker shutterstock

https://www.vemale.com

Suatu penelitian medis mengungkapkan bahwa kacang hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung polyphenol dan oligosakarida dengan kadar yang tinggi, yang mampu mengurangi perkembangan kanker.

3. Kaya protein

Image result for kaya protein shutterstock

https://lifestyle.kompas.com

Berdasarkan Departemen Kimia Institut Teknologi Harbin, 85 persen dari total asam amino dihasilkan oleh albumin dan globulin yang terkandung dalam kacang hijau.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Image result for meningkatkan kekebalan tubuh shutterstock

https://www.klikdokter.com

Fitonutrien yang terkandung dalam kacang hijau bekerja sebagai anti-pembengkakan serta mampu membantu meningkatkan imun dan menetralkan bakteri berbahaya, virus, iritasi, dan sebagainya.

5. Membantu menurunkan berat badan

Image result for membantu menurunkan badan shutterstock

https://www.vemale.com

Beberapa peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi kacang hijau meningkatkan cholecystokinin, hormon yang dapat membuat seseorang mudah merasa kenyang. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung kadar protein dan serat yang tinggi.

6. Mengurangi efek PMS (sindrom pramenstruasi)

Image result for PMS shutterstock

http://www.scarymommy.com

Kacang hijau membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang dapat memicu gejala-gejala PMS. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung vitamin B6, vitamin B dan folat.

7. Melancarkan pencernaan

Image result for melancarkan pencernaan shutterstock

https://www.dream.co.id

Masyarakat India mengonsumsi kacang hijau untuk menambah rasa serta mengurangi rasa nyeri di perut. Hal ini dikarenakan kacang hijau kaya akan serat, sehingga mempermudah proses pencernaan dan pembersihan racun dalam tubuh.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan baby sitter.

Tag: articles

Akmelia