Tiba-tiba Sakit Kepala? Mungkin 3 Hal Ini Penyebabnya

Bisakah Anda bayangkan ketika rapat atau presentasi di depan klien, tiba-tiba kepala Anda sakit nyut-nyutan? Rasanya tentu bercampur aduk antara kesal, tapi sambil menahan sakit.

Sakit kepala yang datang mendadak ini biasanya disebabkan pelebaran pembuluh darah serebral dan terjadinya perubahan kimiawi di dalam tubuh. Pemicu sakit kepala mendadak juga bisa muncul karena kurangnya asupan cairan tubuh.

Selain itu, ada beberapa penyebab sakit kepala seperti dilansir dari Mediskus.

1. Stres

Stres, depresi dan kecemasan dapat menyebabkan sakit kepala secara mendadak. Selain itu, terlalu banyak bekerja, kurang tidur, telat makan, serta mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan gejala sakit kepala mendadak muncul.

2. Sinus

Rongga yang berada di tulang tengkorak wajah dapat menyebabkan kemunculan pusing secara mendadak. Apabila terjadi inflamasi atau peradangan di daerah sinus, nyeri yang menjalar akan terasa hingga kepala.

Kondisi ini biasanya disebabkan demam. Perlu pemeriksaan medis untuk melihat ada tidaknya infeksi di rongga sinus.

3. Obat

Obat penghilang rasa nyeri, tanpa disadari, juga dapat menyebabkan kemunculan sakit kepala secara mendadak. Untuk itu, kamu yang kerap meminum obat penghilang rasa nyeri harap berhati-hati.

Agar sakit kepala cepat reda, cobalah minum air putih sebanyak delapan gelas. Selain air putih, cobalah meminum jus semangka, melon, nanas, dan stroberi. Kandungan mineral dan vitamin dalam buah-buahan itu dapat menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi.

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya