Tetap Hidup Sehat saat Usia Muda

Selamat Hari Sumpah Pemuda..!!! Nah untuk memperingati hari Sumpah Pemuda ini Insan Medika akan memberikan tips - tips sehat agar selalu menjaga kesehatan dari usia muda. Hidup sehat sebaiknya dimulai sejak kecil. Bisanya pada usia remaja adalah masa lepas kontrol dari hidup sehat, terutama pola makanannya.

Sebagian besar remaja berpikiran bahwa berbagai penyakit akan datang menyerangnya, jika usia mereka sudah menginjak masa tua. Anggapan tersebut sebenarnya salah besar, karena ada bermacam-macam penyakit bisa mengancam tubuh saat usia remaja sekalipun. Dan jika pola hidup sehat tidak diterapkan saat remaja, pada usia tua mereka akan menanggung penyakit yang mereka tanam disaat mereka remaja.

Berikut adalah tips pola hidup sehat yang harus Anda terapkan sejak usia muda :

1. Hindari Merokok

Kita pasti tahu bahaya merokok bagi kesehatan sangatlah banyak. Rokok merupakan salah satu sumber penyakit yang paling tinggi. Kalau Anda merokok saat usia muda, sama aja Anda lagi menanam penyakit yang akan Anda rasakan di masa depan. Efeknya ,emang tidak langsung bisa Anda rasakan. Tapi waktu Anda menginjak usia 30-40 tahun, maka tubuh Anda akan merasakan penyakit akibat merokok tersebut.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Dibalik kesederhanaannya, air putih memiliki segudang manfaat. Air putih mampu menjaga kadar cairan tubuh yang sangat bagus untuk membantu fungsi pencernaan. Selain itu, fungsi ginjal, proses penyerapan makanan, dan sirkulasi darah akan sangat terbantu. Otot dan sendi kita juga akan terlumasi dan tetap lentur karena cukupnya cairan yang ada dalam tubuh kita.

3. Beraktivitas yang Sehat

Aktivitas sehat yang dimaksud yaitu rajin berolahraga secara teratur serta menjauhi berbagai kebiasaan tidak menyehatkan seperti merokok dan minum minuman beralkohol. Ini untuk menghindarkan para remaja dari berbagai penyakit berbahaya yang bisa menyerang tubuhnya. 

4. Jaga Pola Makan 

Mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung kalori cukup tinggi di tambah kurangnya aktivitas berolahraga yang cukup, dapat berdampak buruk bagi kualitas kesehatan tubuh anda. Penyakit diabetes tipe 2 merupakan jenis penyakit yang bisa menyerang seorang remaja yang tidak mengontrol pola makan dan jarang berolahraga.

5. Asah Otak 

Jenis olahraga yang baik untuk kesehatan otak yaitu dengan mengisi teka-teki silang maupun rajim membaca berbagai buku yang anda sukai. Ini untuk mencegah penyakit alzheimer atau kepikunan dini yang melanda para remaja. 

Nah tadi adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan guna untuk mencegah penyakit yang akan datang disaat usia tua nanti. Jangan menunggu tua untuk memulai hidup sehat, karena akan lebih baik memulainya dari usia dini.

Tag: articles

arif