Studi Ungkap Banyak Berdiri Saat Bekerja Bikin Tubuh Kurus

Sebuah studi kesehatan terbaru menemukan bahwa bekerja sembari berdiri dapat membantu menurunkan berat badan daripada bekerja sembari duduk.

Studi yang terbit di European Journal Of Preventive Cardiology ini mengungkapkan bahwa saat berdiri, orang bisa membakar lebih dari 0,15 kalori per menit. Dengan asumsi tak ada peningkatan asupan makanan, orang dengan berat badan 65 kilogram akan kehilangan 2,5 kilogram setahun dan 10 kilogram selama empat tahun dengan mengganti enam duduk dengan enam jam berdiri.

Usaha ini bakal makin ampuh jika ditambah dengan gerakan spontan seperti memindahkan titik tumpu pada kaki kiri ke kaki kanan atau sebaliknya. Berjalan ke lemari atau tempat samaph juga bisa membawa dampak positif.

 

"Berdiri tak hanya membakar lebih banyak kalori, aktivitas tambahan pada otot berhubungan dengan penurunan risiko serangan jantung, stroke dan diabetes, sehingga manfaat berdiri tak hanya berlaku untuk penurunan berat badan," jelas Francisco Lopez-Jimenez, peneliti senior sekaligus direktur kardiologi di Mayo Clinic, Rochester, New York, seperti dilansir dari Star 2 baru-baru ini.

Riset ini melibatkan hasil riset dari 46 studi dengan total partisipan sebanyak 1.184 orang.

Berdasarkan laporan Deutsche Krankenversicherung (DKV), firma asurasi kesehatan Jerman, dan Centre for Health through Sport and Exercise at the German Sport University (DSHS) pada 2016, para pekerja duduk selama 11 jam per hari. Selama bertahun-tahun, para ahli gizi juga spesialis sudah menyampaikan bahwa pekerja kantoran seharusnya bangun dari tempat duduk secara teratur.

"Bagaimanapun, berdiri terlalu lama juga tidak bagus," kata Ingo Froboese, profesor di DSHS dan direktur laporan kesehatan DKV. Menurutnya, berdiri terlalu lama bisa mengakibatkan masalah tulang. Dia merekomendasikan untuk berdiri beberapa kali dalam sehari seperti saat menggunakan ponsel atau bekerja sembari berdiri dekat bangku yang cukup tinggi.

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya