Stroberi Dinilai Efektif Cegah Diabetes Tipe 2 

Stroberi bukan cuma enak disantap sebagai hidangan penutup ataupun diminum sebagai jus. Selain menyegarkan, stroberi ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal akademik Molecular Nutrition & Food Nutrition,  bulan Februari, stroberi terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama bagi penderita diabetes tipe 2. Selain itu, stroberi juga bisa membantu orang yang berisiko terkena penyakit tersebut.

Diabetes tipe 2 disebut juga sebagai diabetes melitus tak tergantung insulin. Pada penderita diabetes tipe 2 ini ditandai dengan kadar glukosa darah yang tinggi atau resistensi insulin. Orang yang memiliki resistensi insulin cenderung menghasilkan insulin ekstra untuk memindahkan glukosanya dari aliran darah ke dalam sel. 

Buah berwarna merah dan berbintik ini juga dijadikan salah satu dari sepuluh jajaran nama makanan super yang sering dimasukkan dalam diet makanan diabetesi. Menurut penelitian, kemampuan ajaib stroberi ini disebabkan karena kandungan vitamin, antioksidan, serat makanan, dan gula yang rendah dalam tiap buahnya.

Lebih lanjut, dalam penelitian dijelaskan bahwa stroberi yang kaya akan antosianin mampu meningkatkan sensitivitas insulin. Antosianin juga dikenal dapat mejadi antioksidan bagi tubuh.

Para peneliti melakukan penelitiannya dengan mempelajari 21 orang dewasa obesitas yang memiliki resistensi insulin. Mereka diberi makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat tinggi. Tak hanya itu, disajikan pula minuman yang mengandung bubuk stroberi—berguna untuk mengontrol efek serat makanan.

Minuman-minuman tersebut pun mengandung konsentrasi bubuk stroberi yang berbeda-beda, dari 0 gram sampai 40 gram. Hasilnya adalah ketika responden meminum minuman yang paling terkonsentrasi (40 gram), tubuh mereka tidak menghasilkan banyak insulin. Apa lagi bila dibandingkan dengan mereka yang meminum minuman dengan konsentrasi bubuk stroberi yang lebih rendah. 

Sekalipun mekanisme yang tepat belum jelas, antosianin pada stroberi terbukti dapat mengubah sinyal insulin dalam sel seseorang . 

 

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya