Stop Junk Food Pada Anak, Ini Tipsnya!

Pastinya Anda sudah banyak mengetahui bahwa junk foodmerupakan salah satu ketagori makanan yang sebaiknya dikurangi, karena kandungan gizi di dalamnya. Junk foodyang didefinisikan sebagai makanan rendah gizi memang mengandung sedikit nutrisi yang mengandung zat-zat yang tidak sehat jika dinkonsumsi secara terus-menerus. Dapat dikatakan pula jika makanan ini tidak mengandung gizi yang lengkap. Misalnya kandungan dalam sebuah apel dan sebuah jenis junk foodsama-sama mengandung kalori 50. Dengan jumlah kalori yang sama, namun apel memiliki kandungan serat, vitamin, mineral, dan sebagainya. Namun bagaimana dengan kandungan junk food? Dilansir dari web doktersehat, makanan tersebut hanya memiliki kalori namun sedikit sekali kandungan gizi yang lain.

Hindarkan junk food ketika di rumah

Image result for hindarkan junk food di dalam rumah shutterstock

https://www.vemale.com

Sebisa mungkin batasi jumlah asupan junk fooddengan tidak menyediakan makanan tersebut di rumah. Makanan yang ada di rumah merupakan tanggung jawab orang tua. Isilah kulkas atau lemari makanan dengan makanan sehat, seperti buah-buahan dan camilan sehat. Jadi kebiasaan untuk menghindari junk foodsebaiknya dimulai dari rumah.

Mulailah untuk tidak memberikan imbalan kepada anak berupa junk food

Image result for cooking with kids shutterstock

http://www.lavalfamilies.com

Terkadang Anda menyuruh untuk membantu pekerjaan Anda atau agar anak patuh dengan permintaan dan nasihat Anda, yaitu dengan memberikan rewardberupa jajanan (junk food). Mulai sekarang ubahlah kebiasaan tersebut. Berikan reward lain misalnya, Anda akan membuatkan makanan kesukaannya yang Anda masak sendiri. Di samping itu dapat pula berikan jenis imbalan lain yang lebih tepat dan fungsional untuk anak Anda.

Sediakan makanan yang sehat di rumah

Image result for healthy food kids shutterstock

https://insteading.com

Mulai saat ini sediakan makanan sehat di rumah. berbagai jenis makanan seperti cake, puding, buah, dan makanan lainnya dapat Anda kreasikan dengan resep-resep yang banyak mengandung bahan makanan yang sehat. Sediakan makanan-makanan tersebut di rumah, agar anak tidak menginginkan jajanan dari luar. Selain itu Jika mereka masih menginginkan junk food  yang mereka sukai, Anda jangan langsung menghilangkannya.

Berikan contoh yang baik bagi anak

Image result for memberi contoh yang baik bagi anak shutterstock

https://magazine.job-like.com

Sebagai orang tua, Anda pun perlu memberikan contoh yang baik bagi anak.  dengan kebiasaan Anda yang mengkonsumsi makanan sehat, pastinya anak juga akan menirunya. Maka dari itu Anda pun jangan memanjakannya dengan menuruti segala keinginannya.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan baby sitter.

Tag: articles

Akmelia