Sering Menyimpan Makanan Dalam Kulkas? Begini Caranya..

Menyimpan bahan makanan di dalam kulkas atau lemari pendingin adalah aktivitas keseharian kita yang sering kita lakukan. Makanan yang tidak habis sering kita taruh begitu saja ke dalam kulkas, dengan beranggapan dapat memakannya lagi nanti. 

Namun ternyata menyimpan beberapa bahan makanan tidak bisa dengan meletakkannya begitu saja. Beberapa bahan memerlukan cara yang khusus agar dapat bertahan lama tanpa mengurangi kualitas gizi yang terkandung di dalamnya. Tentunya kita tidak mau gizi makanan yang kita makan berkurang ketika kita menaruhnya ke dalam kulkas. 

Berikut adalah beberapa cara yang baik menyimpan makanan dalam kulkas :

1. Ayam, Ikan, Daging, dan Bahan Mentah Lauk Lainnya

Jika menyimpan berbagai jenis bahan mentah lauk di dalam freezer seperti ayam, ikan, daging, udang, dan sebagainya, sebaiknya tidak sering keluar masuk dari freezer. Terlebih dahulu potong-potonglah bahan mentah lauk tersebut, tempatkan ke dalam beberapa wadah dalam porsi kecil-kecil atau sesuai perkiraan untuk sekali masak. Ini untuk menghindarkan bahan mentah lauk tersebut dari bakteri jika terlalu sering keluar masuk dari kulkas.

2. Sayur-mayur

Menyimpan sayur mayur yang tepat di dalam kulkas adalah bukan dengan meletakkannya di dalam plastik. Cara yang paling tepat adalah membungkusnya dengan kertas dari buku, koran, atau majalah. Dengan demikian sayur-mayur akan lebih lambat menuju proses pembusukan.

3. Roti tawar



Terkadang kita ingin menyimpan roti tawar di dalam kulkas agar bisa bertahan sedikit lebih lama. Jika disimpan di ruang bawah di dalam kulkas, biasanya roti tawar akan menjadi keras. Nah, cara yang lebih tepat adalah masukkan ke dalam wadah tertutup, kemudian letakkan di dalam freezer. Roti tawar akan terhindar dari jamur tanpa menjadi keras atau beku.

4. Daging

Untuk membuat daging tahan lama tersimpan di dalam kulkas bahkan hingga berbulan-bulan lamanya, biarkan daging tetap dalam keadaan segar, belum dibersihkan dan tidak dicuci. Langsung saja dimasukkan ke dalam wadah tertutup dan letakkan di dalam freezer.

5. Tahu

Supaya tahu bisa tahan lama bahkan hingga seminggu di dalam kulkas, caranya adalah tahu dicuci bersih dahulu dengan air biasa, kemudian siram dengan air panas, lalu keringkan. Setelah itu masukkan ke dalam wadah tertutup, baru disimpan di dalam kulkas.

Tadi adalah beberapa cara menyimpan makanan yang benar, agar makanan dapat tahan lama dan menjaga kualitasnya. Mulai sekarang mari kita terapkan metode ini agar kita selalu mengkonsumsi makanan yang sehat yang baik dikonsumsi oleh tubuh.

Tag: articles