Sering Makan Telur Mentah? Sehat atau Berbahaya?

Telur adalah salah satu bahan pangan yang paling banyak ditemui sehari-hari. Karena sifatnya yang serba guna, hampir setiap masakan yang Anda konsumsi mengandung telur. Beberapa orang bahkan rutin menambahkan telur ke dalam minuman untuk mendapatkan protein tambahan. Sering kali, telur dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Seperti yang dilansir oleh hellosehat, Telur mentah bisa Anda temukan antara lain dalam minuman, krim pada kue, mayonaise, dan saus untuk salad. Meskipun sudah banyak orang yang minum atau makan telur mentah, bukan berarti Anda bisa sembarangan mengonsumsinya. Pasalnya, telur mentah juga bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan Anda. Perhatikan dulu tiga risiko utama makan telur mentah berikut ini.

Banyak orang percaya bahwa telur mentah bisa meningkatkan kadar protein Anda lebih cepat daripada telur matang. Pada kenyataannya, makan telur mentah ternyata bukan jawaban yang tepat bagi Anda yang ingin menambah asupan protein.

Makan telur mentah, proteinnya tidak diserap maksimal

Image result for telur mentah shutterstock

https://she.id/article

Sebuah penelitian dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition tahun 2004 menguak bahwa manusia justru menyerap protein lebih banyak dari telur yang sudah matang. Dalam keadaan mentah, protein yang bisa diserap dalam tubuh hanya sebesar 50%. Sementara kalau telur sudah matang, protein yang diserap tubuh bisa mencapai 90%.

Penemuan yang serupa juga dibuktikan oleh American Institute of Nutrition dalam The Journal of Nutrition. Jadi, meskipun telur adalah sumber protein yang kaya, memasaknya sampai matang adalah cara terbaik untuk mendapatkan protein yang maksimal.

Telur mentah membuat Anda berisiko tertular infeksi bakteri salmonella

Image result for bakteri salmonella shutterstock

https://daninformen.wordpress.com

Risiko terbesar makan telur mentah adalah terinfeksi bakteri salmonella. Bakteri yang tinggal dalam berbagai produk hewani seperti susu, telur, dan daging ini bisa menyerang tubuh manusia dan menyebabkan infeksi. Berikut adalah informasi lengkap soal bakteri salmonella dalam telur mentah.

Dari mana asal bakteri salmonella?

Bakteri ini menempel pada cangkang telur serta hidup di dalam telur mentah. Makan telur mentah adalah salah satu penyebab terbanyak infeksi bakteri salmonella. Penyebab infeksi bakteri lainnya adalah makan daging mentah dan tertular dari binatang peliharaan. Akan tetapi, salmonella tidak tahan panas sehingga kalau dimasak sampai matang, bakteri ini akan mati.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan baby sitter.

Tag: articles

Akmelia