Sering Konstipasi? Makanan berikut Ini Bisa Mengatasinya!

Sering Konstipasi? Makanan berikut Ini Bisa Mengatasinya!

Anda sering susah buang air besar? Bisa jadi anda sedang mengalami konstipasi. Hal ini ditandai dengan kamu tidak buang air besar secara teratur atau tidak bisa buang air besar secara tuntas. Biasanya konstipasi disebabkan kurang minum, kurang konsumsi serat, perubahan pola makan, serta kebiasaan mengabaikan keinginan untuk buang air besar, efek samping obat-obatan, dan gangguan mental seperti kecemasan dan stress.

 

Untuk mengatasinya anda harus mengubah gaya hidup agar lebih sehat. Meningkatkan konsumsi serat, lebih banyak minum air putih dan rutin berolahraga. Tidak hanya itu anda juga wajib rutin mengonsumsi makanan yang baik untuk mencegah konstipasi yaitu:

 

1. Strawberry

almanac.com

Strawberry kaya akan vitamin C. Strawberry termasuk buah dengan kandungan serat dan air yang tinggi. Hal tersebut dapat memperlancar gerakan otot-otot perut dan menurunkan kemungkinan sembelit.

2. Yoghurt

sunriseseniorliving.com

Yoghurt mengandung bakteri baik dan dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

3. Oatmeal

myupchar.com

Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang sangat bagus, dan cukup populer untuk dijadikan menu sarapan pagi dalam bentuk cereal atau bubur. Bernutrisi tinggi, memberi energi, serta mengandung serat tinggi, yang akan membantu memperlancar sistem pencernaan anda.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Walaupun bentuknya kecil, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber serat yang sangat baik. Jenis makanan ini sangat mudah anda dapatkan. Terlebih lagi, kacang dan biji-bijian sering dijadikan bahan dalam sayur, seperti kacang merah, kacang panjang, lentil, dan lain sebagainya. Selain itu ada juga kacang almond, kacang mente, kacang tanah/kulit, dan juga polong yang bisa dijadikan cemilan.

5. Brokoli

livestrong.com

Brokoli merupakan sumber serat tinggi. Menyajikannya dalam menu makan anda, baik sebagai sayuran ataupun lalapan mentah, akan membantu mengatasi masalah susah buang air besar anda.

Di samping seratnya yang tinggi, brokoli merupakan makanan bernutrisi tinggi. Karenanya, jenis tanaman crucifera satu ini sangat baik jika dikonsumsi secara rutin, untuk mendapatkan ragam manfaat kesehatan seperti tinggi vitamin C, meningkatkan sistem imun, hingga mencegah kanker loh.

Selain menjaga pola makan dan mengatur pola hidup sehat yang perlu anda perhatikan adalah tidak mengabaikan keinginan untuk ke toilet dan mengatur jadwal buang air besar agar bisa dilakukan dengan leluasa dan nyaman. Konstipasi jika dibiarkan akan menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk orang yang anda kasihi. Anda dapat kunjungi website Insan Medika dan anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat anda unduh di Google Play Store

Tag: articles