Selamat Hari Kartini! Ini Tips Menjaga Kesehatan Untuk Pekerja Perempuan

Para pekerja perempuan merupakan sasaran strategis dalam peningkatan kesehatan keluarga. Peningkatan kemampuan dalam pengetahuan dan status kesehatan perempuan itu sangat menentukan status kesehatan keluarga.

Pekerja merupakan aset bangsa. Pekerja yang sehat dan produktif adalah modal penggerak pembangunan bangsa dan membentuk karakter bangsa agar menjadi bangsa yang berkualitas dan bangsa yang mampu bersaing. Semua pekerjaan mempunyai risiko. Kalau pekerja sakit, hal ini akan menjadi bencana dan masalah bagi keluarga. Kesehatan kerja menjadi penting.

Peran pekerja khususnya bagi perempuan dalam pembangunan yang menjadi tulang punggung keluarga, ia adalah aset penggerak ekonomi. Pekerja wanita menjadi penentu lokasi pangan dan penentu budaya konsumsi di keluarga.

Selagi bekerja siapa yang mau kena serangan suatu penyakit? Tentu tidak ada. Ya, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaganya. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang mesti Anda lakukan.

1. Makan sayuran hijau

Image result for makan sayur hijau shutterstock

https://www.merdeka.com

Sayuran hijau dan berdaun kaya akan vitamin yang membantu Anda menjaga diet seimbang dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

2. Konsumsi vitamin D

Image result for vitamin d shutterstock

https://www.prevention.com

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

3. Olahraga rutin

Image result for olahraga rutin shutterstock

https://www.klikdokter.com

Tetap aktif dengan melakukan olahraga secara rutin. Anda bisa mulai dengan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki. Olahraga dengan teratur bisa membuat Anda bugar dan langsing.

4. Tidur yang cukup

Image result for tidur yang cukup shutterstock

https://magazine.job-like.com

Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci dari kekebalan tubuh yang kuat. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri.

5. Kelola stres Anda

Image result for stress shutterstock

https://id.pinterest.com

Stres sudah terbukti dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat orang menjadi mudah terserang penyakit.

6. Bersosialisasi dengan orang disekitar

Image result for bersosialisasi shutterstock

http://wikiindo.com

Rasa kesepian sering dikaitkan sebagai pemicu dari beberapa penyakit, terutama pada orang yang baru sembuh dari operasi jantung.

7. Hindari alkohol

Related image

https://hellodoktor.com

Penelitian menunjukan bahwa minum alkohol dapat merusak sel dendritik, yaitu komponen penting dari sistem kekebalan tubuh. Seiring berjalannya waktu, sering minum alkohol dapat meningkatkan seseorang terhadap infeksi bakteri dan virus.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan baby sitter.

Tag: articles

Akmelia