Sayuran dan Buah yang Ternyata Dapat Berbahaya

Ternyata tidak semua buah dan sayuran itu menyehatkan, ada bagian tertentu yang berbahaya dan jika kita tidak memprosesnya dengan benar juga dapat membahayakan tubuh kita.

 

1. Apel

Ternyata buah kesukaan banyak orang ini juga dapat berbahaya, tapi tenang hanya bagian bijinya yang berbahaya, karena biji apel mengandung cyanogenic glycoside, atau sering kita sebut sianida. Tapi masih belum diketahui berapa jumlah biji apel yang anda telan sehingga dibilang mematikan. Gelaja yang timbul, anda akan merasakan sakit perut, atau muntah – muntah, berkeringat berlebihan dan disarankan untuk segera menghubungi dokter.

 

2. Bayam

Bayam mengandung asam oksalat yang dapat mengikat kalsium sehingga kalsium tidak dapat diproses oleh tubuh dan akan membentuk Kristal. Itu akan membuat iritasi terhadap lambung dan membentuk batu ginjal. Gejala yang timbul adalah gangguan percernaan, gangguan pada peredaran darah, pecahnya pembulu darah, dan dapat menyebabkan kematian. Jadi jika anda ingin mengkonsumsi Bayam disarankan rebus terlebih dahuludengan air mendidih lalu buang airnya, untuk mengurangi kandungan asam oksalat tersebut. Dan jangan mengkonsumsi bayam secara berlebihan.

 

3. Kentang

Kentang mengandung solanin dan chaconin. Kentang banyak bernoda hijau pada umbinya, bertunas, dan secara fisik telah rusak dan membusuk. Gejala keracunan biasanya akan muncul pada 8 – 12 jam setelah mengkonsumsi kentang seperti mulut terasa terbakar, sakit perut, mual, muntah, diare, sulit bernafas, gangguan detak jantung dan sakit kepala. Jadi hindarilah kentang yang bernoda/ corak hijau, yang berasa pahit, dan banyak mata dari tunas. Jika terlanjur membelinya rendamlah kentang tersebut didalam air garam terlebuh dahulu.

 

4. Seledri

Seledri mengandung psoralen, jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan akan menyebabkan sentivitas pada kulit jika terkena sinar matahari kulit anda akan terasa kering dan kulit mudah terbakar jika terkena sinar matahari, efek jangka panjangnya akan menyebabkan kanker kulit.

 

5. Jengkol

Jengkol mengandong asam jengkolat, akan terjadi keracunan jika dikonsumsi secara mentah. Tergantung juga pada kerentanan orang tersebut terhadap asam jengkolat. Gejala biasanya akan timbul 5 – 12 jam setelah mengkonsumsinya seperti mual, nyeri perut, muntah, dan susah buang air kecil karena tersumbatnya saluran kencing.

 

 

Nah tadi adalah 5 makanan yang kalau kita konsumsi terlalu berlebihan dan pengolahannya tidak benar, dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. 

 

 

 

Tag: articles

arif