Sakit Pinggang? Hati-hati..!!!

Sakit pinggang adalah nyeri yang dirasakan di sekitar tulang lumbar, di antara cakram, jaringan, otot dan saraf tulang punggung hingga organ tubuh di sekitar panggul dan perut. Kondisi ini dialami 80 persen penderita dewasa berusia 30-50 tahun.

Jika kita sering menghabiskan waktu kita di depan meja kerja, akan membuat terbatasnya pergerakan tulang belakang saat posisi duduk bila itu dibiarkan dalam waktu lama dapat menyebabkan perubahan postur tubuh itu sendiri.

Berikut adalah beberapa penyebab sakit pinggang :

1. Kelainan Postur Tubuh Sejak Lahir 

Beberapa kelainan kelainan postur tubuh seperti kiposis, lordosis dan skoliosis, akan menyebabkan sakit pinggang yang berlarut-larut dan semakin parah apabila dibiarkan saja tanpa adanya penanganan medis. Kondisi bawaah sejak lahir ini sebenarnya bisa ditangani sedini mungkin bila telah diketahui sejak awal.

2. Cedera Pada Sendi

Cedera sendi biasanya terjadi pada orang dewasa khususnya para orang lanjut usia. Hal disebabkan karena bagian sendi pada bagian tulang belakang mendapat tekanan dari tulang rawan hingga merubah posisi syaraf tulang belakang. Kondisi ini terjadi akibat mengangkat beban yang terlalu berat dan adanya salah gerak saat menjalani aktifitas.

3. Obesitas

Bagi seseorang yang menderita kelebihan berat badan (obesitas) dapat menyebabkan terjadinya sakit pinggang.  Hal ini terjadi berat badan yang menumpuk tersebut akan memberikan tekanan besar pada semua bagian otot tubuh dan persendian tak terkecuali pada tulang bagian belakang. Akibatnya timbul rasa nyeri dan sakit pada sekita wilayah pinggang seseorang.

4. Penyempitan Tulang Belakang

Kondisi penyempitan tulang belakang adalah kondisi dimana syaraf tulang belakang mendapat tekanan dari tulang belakang itu sendiri akibat posisinya yang tidak normal, akibatnya penekanan ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan sakit pada sekitar wilayah pinggang.

5. Indikasi Penyakit Ginjal

Adanya indikasi penyakit ginjal pada seseorang juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit pinggang terjadi. Untuk kasus sakit gagal ginjal akut dapat menyebabkan rasa sakit sekitar pinggang menjadi semakin parah pula.

6. Penyakit Osteoporosis

Penyakit osteoporosis adalah suatu penyakit yang menyerang tulang pada seseorang, akibatnya tulang rapuh dan lemah sehingga tidak dapat menjalani fungsinya lagi secara normal. Penyakit osteoporosis dapat dicegah sejak awal dengan selalu mengkonsumsi makanan dan minuman  yang mengandung zat kalsium sejak masih masa pertumbuhan sampai beranjak dewasa.

Nah, itu tadi adalah beberapa penyebab yang membuat kita sakit pingang. Mulai sekarang jika anda sering sakit pinggang jangan dianggap remeh ya, karena siapa tahu rasa sakit tersebut ditimbulkan oleh penyakit serius yang disebutkan di atas.

 

Tag: articles