Populer Jadi Menu Diet Sehat, Ini Fakta Tentang Nasi Shirataki!

Beberapa waktu belakangan ini mungkin kamu pernah mendengar tentang beras atau nasi shirataki. Nasi ini cukup populer di kalangan pelaku diet, terutama diet keto atau diet yang menghindari karbohidrat tinggi karena nasi shirataki dianggap punya kalori lebih rendah dibanding nasi putih biasa.

Faktanya, nasi shirataki tidak muncul belakangan ini saja, namun ternyata sudah menjadi bagian dari diet orang Jepang, selama hampir 2000 tahun.Berbeda dari beras biasanya, beras shirataki terbuat dari iles-iles yang tumbuh di hutan. Iles-iles adalah umbi, sayuran yang biasanya ditemui di tengah hutan. Konon, ketika masa penjajahan Jepang, umbi ini biasanya dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

Nasi shirataki bahkan dijadikan makanan wajib bagi wanita Jepang agar tetap langsing. Bukan hanya kelebihannya yang rendah karbohidrat dan kalori, nasi shirataki ternyata juga bebas kedelai dan bebas gluten, sehingga sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kondisi tubuh alergi kedelai dan gluten.

Seca rasa, nasi shiratakai sendiri tidak berbeda dengan nasi pada umumnya, hanya saja yang membedakan adalah tampilannya yang lebih transparan. Dilansir dari pogogi.com, beras ini terbuat dari serat yang mudah larut sehingga mudah dicerna, namun membuatmu kenyang lama sama halnya mana nasi biasa.

Uniknya, nasi shirataki ini bisa memperlambat proses pencernaan dan mengatur penyerapan glukosa, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Jadi tidak heran ya ladies, jika kemudian banyak pelaku diet mengganti nasi putih dengan nasi shirataki. Meski secara rasa dan tampilannya sekilas terlihat sama, tapi ternyata manfaat kesehatannya luar biasa. (vemale.com)

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya