Home ยป Pola Puasa Tepat Bagi Penderita Diabetes

Pola Puasa Tepat Bagi Penderita Diabetes

Meski diperbolehkan untuk tidak berpuasa, seringkali penderita diabetes tetap mencoba untuk berpuasa agar tetap mendapatkan keberkahan dan pahala di bulan Ramadan.

Melansir CNNIndonesia, menurut dokter ahli penyakit dalam Em Yunir, pasien diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2 diperbolehkan untuk berpuasa asalkan memenuhi kondisi tertentu dan memahami risiko yang bakal terjadi.

Berdasarkan data, saat ini penderita diabetes di Indonesia mencapai 14 juta orang, diperkirakan setengahnya berpuasa. Tidak masalah bagi pasien yang kuat asalkan dapat meminimalkan risiko saat berpuasa.

Dokter di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo itu menjelaskan pasien diabetes yang berpuasa bakal mengalami perubahan kadar gula darah karena tidak menerima asupan makanan dalam waktu lama.

Em menyebut pasien diabetes yang berpuasa berisiko mengalami hipoglikemia atau penurunan kadar gula darah, hiperglikemia atau melonjaknya kadar gula darah, ketoasidosis atau kelebihan asam, trombosis atau sumbatan pembuluh darah, dan dehidrasi. Biasanya kondisi ini ditandai dengan dengan mata kunang-kunang dan tubuh kedinginan. Kalau sudah merasakan ini sebaiknya puasanya dibatalkan karena akan sangat berisiko.

Cara tepat berpuasa untuk diabetes

Agat tetap dapat menjalankan ibadah puasa, pasien diabetes untuk berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter bakal memberikan solusi terbaik baik dari segi pola makan dan pengobatan selama berpuasa.

Selain itu, pasien diabetes diminta untuk tidak terlalu mengubah drastis pola makan. Mereka disarankan untuk mendapatkan ssupan karbohidrat kompleks saat sahur dan karbohidrat sederhana saat berbuka.

Selain itu, mereka juga wajib menghindari makanan siap saji, gorengan, serta makanan dan minuman bergula. Serta pasien diabetes selalu patuh pada kalori yang boleh dikonsumsi sesuai anjuran dokter.

“Perbanyak minum di malam hari agar tidak dehidrasi dan sahur mendekati waktu imsak. Jangan sahur telalu dini hari dan jangan makan berlebihan.”

Pasien diabetes juga harus rutin mengecek kadar gula darah ketika berpuasa. Jika, kadar gula darah sudah mendekati 60 mg/dL dan waktu berpuasa masih panjang, sebaiknya puasa segera dibatalkan.

Sementara itu, aktivitas fisik saat berpuasa juga tetap harus dijalankan. Namun, Em menyarankan agar menghindari olahraga jelang berbuka dan sebaiknya menggantinya setelah berbuka puasa untuk mencegah dehidrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *