Penyakit yang Ditularkan oleh Lalat

Lalat adalah jenis serangga yang sering kita temui di lingkungan kita , lingkungan dapur dan lingkungan terutama tempat kotor, lalat memang berkembang dan hidup di lingkungan-lingkungan kotor sehingga lalat membawa berbagai sumber penyakit.

Kita pasti juga pasti sudah sering mendengar bahaya dari lalat. Namun kita kerap mengganggap sepele dan tidak menghiraukannya. Kuman, bakteri, dan virus yang menempel pada kaki dan bulu – bulu halus lalat akan tersebar ke dalam makanan yang dihinggapinya. 

Berikut adalah penyakit yang dibawa oleh Lalat :

1. Diare

Diare adalah keadaan di mana kita keluar masuk toilet karena buang air besar dan encer sehingga rasanya tidak tertahankan dalam diare peran lalat sangat besar karena lalat hinggap di sampah yang kotor yang penuh kuman kemudian hinggap lagi pada makanan dan sejenisnya sehingga kuman dan bakteri kemudian beraksi menyebabkan diare ini.

2. Disentri

Seperti diare , disentri adalah penyakit atau gangguan pada proses bab pada disentri bab bercampur dengan lendir gahkan mengandung darah, peran lalat juga penting ,prosesnya seperti penyebab diare tadi , lalat hinggap di kotoran kemudian hinggap di makanan yang menyebabkan penyakit disentri ini.

3. Tifus

Penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi dan umumnya menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Penyakit tifus tidak hanya dibawa oleh tikus saja, ternyata lalat juga dapat membawanya. Penyakit ini berbahaya jika tidak tangani dengan serius dan mudah menyerang anak - anak. 

Nah itu beberapa penyakit yang dapat dibawa oleh lalat. Menjaga kebersihan adalah kunci utama agar terhindar dari penyakit yang dibawa oleh lalat. Jagalah kebersihan lingkungan seperti selokan, dapur, dan tempat sampah akan membuat enggan lalat untuk datang.

Kebersihan diri tidak kalah penting seperti mencuci tangan sebelum makan dan mandi 2 kali sehari. Dan simpanlah makanan ditempat higenis dan tertutup rapat, sehingga lalat tidak bisa hinggap ke makanan tersebut.

Tag: articles

arif