Pentingnya Kolagen bagi Tubuh

Setelah usia 25 atau lebih, tubuh mulai kehilangan kemampuan untuk membuat Collagen baru. Kolagen merupakan sejenis protein terdiri dari asam amino yang menghubungkan dan mendukung jaringan tubuh manusia. Sekitar 33% protein dalam tubuh merupakan kolagen, sementara untuk jaringan kulit manusia sendiri 75 persennya ialah terbentuk daripada kolagen.

Kolagen diibaratkan sebagai lem yang menyatukan tubuh manusia secara bersamaan. Tanpa kolagen tubuh akan terpisah secara harfiahnya. Kolagen memberikan kekuatan untuk struktur tubuh dan melindungi struktur kulit dengan mencegah penyebaran zat pathogen, zat beracun lainnya, mikro organism dan sel-sel kanker.

Berikut adalah beberapa manfaat Kolagen bagi Tubuh : 

1. Otak

Jaringan kolagen merupakan jaringan yang sangat penting dengan tugasnya sebagai pendukung untuk memberikan nutrisi bagi otak kita. Pusing, pelupa, kehilangan ingatan, bahkan insomnia merupakan tanda yang menunjukkan kemungkinan kekurangan jaringan kolagen sehingga otak tidak mendapat nutrisi yang cukup. Selain itu, kekurangan jaringan kolagen pada otak bisa menghambat saraf pusat pada sel-sel otak yang kemudian dapat menyebabkan seseorang menjadi kesulitan untuk berkonsentrasi sampai depresi.

2. Kulit

Telah disebutkan bahwa 75% kulit manusia terbentuk daripada kolagen. Selain sebagai bahan penyokong dan membantu menjaga kesehatan kulit, konsumsi  kolagen ternyata juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit karena kandungan kolagen membantu menjaga elastisitas kulit. Selain itu, kolagen juga bisa mencegah penuaan dini karena mampu menghidupkan kembali sel-sel kulit sehingga, terlihat lebih muda.

3. Mata

Kolagen membantu melenturkan otot mata sehingga mata kita bisa bekerja dengan baik. Kolagen membantu mengoptimalkan penglihatan sehingga bisa berfungsi dengan normal. Kekurangan kolagen bisa menyebabkan mata kering, kelehahan, sampai katarak dan penyakit mata  lainnya.

4. Tulang

Kolagen berfungsi seperti lem perekat agar tulang bisa tersambung dengan kuat pada sendi. Kolagen juga merupakan bagian daripada penyusun tulang itu sendiri bersama dengan mineral hydroxyapatite yang membentu struktur tulang serta membuat tulang lebih fleksibel untuk membentuk tubuh yang baik. Mengkonsumsi kolagen sama pentingnya dengan konsumsi kalsium. Selain membantu mencegah osteoporosis, kolagen juga bisa membantu menghilangkan nyeri tulang.

5. Otot

Serat kolagen berperan dalam membantu memperkuat otot dan strukturnya agar dapat berfungsi dengan baik. Kolagen tidak hanya membantu memperkuat otot rangka saja tetapi juga berperan penting bagi otot polos pada organ manusia seperti otot jantung, otot pada organ reproduksi, serta otot yang ada pada kandung kemih. Nyeri punggung, kesemutan pada bahu serta kontraksi otot yang minim merupakan tanda seseorang kekurangan kolagen pada ototnya.

Begitu pentingnya kolagen bagi tubuh manusia mulai ujung rambut sampai berbagai organ penting, oleh sebab itu sepatutnya kita rajin mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kolagen dengan rutin setiap hari. Contohnya seperti olahan kedelai ikan tuna, telur.apel, bayam, bawang putih, brokoli dan masih banyak lagi. Jadi mulai sekarang jangan lupa memperhatikan asupan kolagen Anda ya.

Tag: articles

arif