Penting Mengonsumsi Sayur & Buah Setiap Hari, Kenapa?

Sudahkah kamu menerapkan pola hidup lebih sehat saat ini? Sudahkah kamu memulai memperbanyak konsumsi sayur dan buah? Dilansir dari laman Medical News Today, konsumsi sayur dan buah adalah hal paling penting yang harus dilakukan setiap hari. 

Para peneliti di Imperial College London menemukan fakta bahwa orang dewasa sangat penting memenuhi kebutuhan sayur dan buah untuk tubuhnya demi mencegah risiko kematian dini. Dr Dagfinn Aune, kepala peneliti terkait mengatakan, "Konsumsi sayur dan buah setidaknya 5 porsi setiap harinya sudah bisa mencegah risiko kematian dini. Nutrisi yang terdapat di sayur dan buah sangat baik buat kesehatan tubuh."

Adapun mencegah risiko kematian dini di sini adalah mencegah risiko penyakit kronis yang menyerang tubuh seperti risiko jantung, kanker, diabetes, obesitas dan sejenisnya. Nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam sayur serta buah bisa memerangi segala penyebab risiko penyakit kronis. 

Meski sayur dan buah bisa mencegah penyakit kronis, peneliti menyarankan agar kita tetap cermat dalam memilih sayur dan buah. Demi mencegah risiko kanker, penting untuk mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan berwarna kuning, merah, hijau atau persilangan antar ketiganya. Sedangkan untuk mencegah risiko jantung, penting bagi kita mengonsumsi buah dengan kandungan air cukup tinggi seperti jeruk, apel, pir, semangka dan sejenisnya. 

Walau sayur dan buah dipercaya bisa mencegah risiko kematian dini atau risiko penyakit kronis, konsumsi sayur dan buah saja tidak cukup. Kita tetap harus memiliki olahraga cukup, waktu istirahat cukup, minum air putih cukup dan mengurangi berbagai hal yang memicu meningkatkan risiko penyakit kronis seperti merokok, minum minuman beralkohol dan begadang. 

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya