Penjelasan Penyakit Sinusitis, Gejala dan Pengobatannya. Credit: medicarehealth.co.za

Penjelasan Penyakit Sinusitis, Gejala dan Pengobatannya

Pengertian Sinusitis

Sinusitis adalah infeksi atau peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Peradangan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, bisa diakibatkan oleh virus, bakteri atau pun jamur yang masuk melalui rongga hidung dan terperangkap di dalam rongga sinus.

Keluhan penyakit sinusitis mempunyai gejala yang menyerupai dengan influeza (flu) tanpa mengenal cuaca atau kondisi lingkungan.

Perbedaan gejala sinusitis dengan flu terjadi pada lama pengidapannya, jika terjadi flu dalam waktu yang lama dan bersifat kronois dapat mengakibatkan infeksi pada selaput otak dan syaraf pada mata.

Orang yang menderita sinusitis biasanya mengalami rasa tekanan atau sakit pada bagian wajah terutama di belakang hidung atau di bawah mata.

Selain itu, hidung juga bisa tersumbat dan mengeluarkan cairan yang berwarna kuning hingga hijau.

Jika sinusitis tidak ditangani dengan baik hingga menimbulkan komplikasi bisa membahayakan jiwa.

Jenis Sinusitis

Sinusitis dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu akut dan kronis.

Sinusitis akut terjadi keluhan dengan adanya peradangan pada rongga sinus seperti yang dijelaskan di atas selama 4 (empat) hingga 3 (tiga) bulan.

Sedangkan sinusitis kronis terjadi keluhan lebih dari 3 (tiga) bulan.

Gejala Sinusitis

  1. Batuk atau flu
  2. Tidak enak badan atau demam
  3. Ingus kental dan berwarna kuning hingga hijau
  4. Hidung mampet
  5. Nyeri di bagian pipi dan dahi di bawah mata bagian mata

Penanganan Pertama Sinusitis

Pada gejala awal dapat menggunakan obat pilek atau flu yang biasa ada di pasaran. Selain menggunakan obat, penderita bisa melakukan penyemprotan menggunakan suntik ke bagian salah satu lubang hidung untuk mengeluarkan lendir.

Jika dengan melakukan tindakan di atas tidak efektif, segera kunjungi dokter dengan pemberian antibiotik untuk sinusitis.

Meredakan Gejala Sinusitis

Mengigat keluhan utama dari penyakit sinusitis adalah adanyalendir yang sulit untuk dikeluarkan, lengkah pertama harus mengetahui terlebih dahulu gejala sinusitis atau hanya flu biasa dengan melihat rongga sinus.

Cara melihat rongga sinus

Untuk melihat rongga sinus bisa menggunakan senter dengan memasukkan ke dalam mulut dan hadapkan ke bagian atas hidung. Pastikan ruangan dalam keadaan gelap.

Rongga sinus yang sehat akan tembus oleh cahaya senter dan terlihat merah.

Pengobatan dan Penyembuhan Sinusitis Secara Mandiri

Obat Paling Ampuh Untuk Menyembuhkan Sinusitis

Beberapa obat yang ada dipasaran dapat digunakan untuk mengurangi keluhan dari sinusitis. Obat paling umum digunakan adalah dekongestan.

Selain dekongestan, obat sinusitis paling ampuh adalah antihistamin atau obat sinusitis semprot ke lubang hidung.

Obat sinusitis dari antihistamin untuk mengurangi pembengkakan ronggan sinus adalah kortikosteroid yang sangat efektif dan ampuh, selain manfaat tersebut juga dapat melegakan daerah membran dari selaput sinus.

Mengeluarkan Lendir Menggunakan Alat Suntik

Salah satu cara mengeluarkan lendir pada hidung dapat menggunakan larutan air hangat dicampur dengan setengah sendok garam dapur.

Siapkan suntikan sambil menunggu garam larut degan air hangat yang telah disiapkan.

Mengeluarkan Lendir Menggunakan Alat Suntik
Mengeluarkan Lendir Menggunakan Alat Suntik. Credit: Bukalapak

Gunakan suntikan untuk menyedot air hangat yang mengandung garam tersebut lalu suntikkan ke dalam salah satu lubang hidung.

Sebelum menyuntikkan larutan air hangat, posisikan kepala menunduk dan miringkan bagian hidung yang akan mengeluarkan air dari bagian hidung satunya.

Setelah posisi sempurna, suntikkan air hangat dengan lauran garam ke salah satu hidung yang mempunyai posisi lebih tinggi, biarkan air mengalir dari bagian hidung yang lebih rendah.

Pastikan menahan nafas dan mulut dalam kondisi terbuka saat melakukan penyuntikan ke salah satu lubang hidung.

Lebih lanjut, lihat video di bawah ini untuk melihat bagaimana cara mengeluarkan ingus yang sulit keluar.

Penyakit Sinusitis Dr Oz Indonesia

Tag: articles