Penderita Hipertensi Harus Ketahui Khasiat Dari Kacang Almond

Tak seperti anggapan banyak orang, pola makan sehat yang baik bagi penderita hipertensi tak melulu harus terasa hambar atau kurang enak. Kalau Anda biasanya mencari camilan gurih seperti keripik kentang, gorengan, atau makaroni kering, sudah saatnya Anda mengganti pilihan kudapan Anda dengan kacang almond yang lebih sehat yang juga nikmat di lidah. Camilan-camilan gurih yang sering Anda konsumsi mengandung sodium dan lemak jenuh yang sangat tinggi. Tekanan darah Anda pun akan semakin meningkat akibat berbagai kandungan berbahaya ini.

Jadi bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya ganti camilan asin Anda dengan kacang almond. Anda juga bisa menambahkan taburan kacang almond pada yogurt atau bubur oatmeal. Namun, pastikan bahwa kacang almond yang Anda pilih tidak mengandung garam atau perasa tambahan. Rasa alami kacang almond sudah gurih, tetapi kandungan sodiumnya sangat rendah (setiap 100 gram kacang almond hanya terdapat 1 gram sodium). Selain itu, kacang ini memiliki berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Berikut adalah kandungan nutrisi kacang almond yang baik untuk penderita hipertensi.

Lemak tak jenuh tunggal

Image result for lemak tak jenuh shutterstock

https://hellosehat.com

Ada dua jenis lemak yang perlu Anda perhatikan, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Keduanya akan memberikan dampak yang berbeda terhadap tekanan darah Anda. Mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak jenuh akan memperparah kondisi hipertensi Anda sementara lemak tak jenuh justru baik untuk menurunkan tekanan darah.

Kacang almond kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan hanya memiliki sedikit sekali kandungan lemak jenuh. Setiap 100 gram kacang almond terdapat 31 gram lemak tak jenuh tunggal dan hanya 3 gram lemak jenuh. Lemak tak jenuh dalam kolesterol berfungsi untuk mengurangi peradangan dalam arteri. Selain itu, kacang ini tidak mengandung kolesterol sama sekali sehingga aman bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.

Serat

Image result for serat shutterstock

https://www.arah.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Tulane University School of Medicine, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa pola makan yang kaya akan serat akan membantu penderita hipertensi menurunkan tekanan darah dalam jumlah yang cukup berarti. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Hypertension ini juga membuktikan bahwa serat yang terdapat pada sumber makanan alami seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan bisa mengurangi tekanan sistolik dan diastolik yang kerap menyebabkan tekanan darah tidak stabil atau terus meningkat.

Untuk memenuhi kebutuhan serat Anda di samping buah-buahan dan sayuran, Anda bisa mengonsumsi kacang almond panggang yang bebas perasa tambahan. Setiap 100 gram kacang almond mengandung serat sejumlah 12 gram. Sajian ini bisa memenuhi 48% dari kebutuhan serat Anda dalam satu hari. Di samping itu, kandungan serat yang tinggi pada kacang almond bisa membantu menurunkan berat badan untuk mencegah obesitas. Kelebihan berat badan atau obesitas akan memicu hipertensi.

Kalium

Image result for kalium shutterstock

http://rona.metrotvnews.com

Kalium sangat dibutuhkan oleh penderita hipertensi karena jenis mineral ini mampu menjaga keseimbangan tekanan darah. Fungsi kalium bagi tubuh adalah mengurangi pengaruh berbahaya sodium bagi tubuh. Namun, bukan berarti kalau Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium maka Anda boleh menambah garam atau kandungan sodium dalam menu makanan Anda.

Tag: articles

Akmelia