Olahraga Yang Tepat Untuk Lansia

Olahraga Yang Tepat Untuk Lansia

Seberapa penting olahraga untuk lansia? Jika Anda bertanya seperti itu, sebaiknya baca artikel ini agar mendapatkan jawaban yang tepat.

Olahraga yang melibatkan gerakan tubuh secara berulang, teratur dan terstruktur adalah kegiatan yang umum dilakukan untuk mendapatkan kesehatan secara sederhana khsusnya bagi lansia.

Bagi orang tua yang telah memasuki umur 60 tahun ke atas, sebaiknya mulai rancang rencana untuk rutin melakukan olahraga.

Bagi anak atau perawat homecare yang sedang menjaga dan merawat orang tua, Anda bisa membantu mereka dalam melakukan beberapa jenis olahraga untuk lansia di bawah ini.

1. Jalan Santai

Jalan santai lansia
Manfaat jalan santai bagi lansia

Jalan santai adalah alternatif olahraga yang sangat mudah dilakukan oleh lansia, kendati olahraga ini tidak banyak melibatkan banyak gerakan tubuh, jalan santai mempunyai segudang manfaat.

Manfaat Olahraga Jalan Santai Bagi Lansia

  • Memperkuat massa otot tubuh
  • Membantu melawan penyakit tulang yang akan terjadi pada lansia
  • Menjaga stamina dan kebugaran tubuh
  • Meningkatkan keseimbangan tubuh
  • Membakarta kalori
  • Memberikan suasana senang dan segar dan masih banyak lagi lainnya

Jalan santai sangat tepat dilakukan di pagi hari, tidak perlu berjalan jauh cukup berkeliling di sekitar hunian saja.

Baca juga: Pentingnya Olahraga Bagi Lansia

Namun bagi lansia yang masih mempunyai kekuatan tubuh yang bagus, alternatif lain dari jalan santai adalah jogging. Manfaat jogging untuk lansia dapat membuat pergerakan otot dan sendi menjadi lebih baik.

Kendati begitu, Anda harus memastikan terlebih dahulu kesehatan dan kekuatan fisik sebelum melai berlari.

2. Senam Lansia

Senam untuk lansia
Manfaat senam untuk lansia

Dikutip dari Hellosehat.com “orang lanjut usia (lansia) yang aktif bergerak dan berolahraga terbukti lebih sehat dan memiliki risiko yang lebih kecil terhadap penyakit kronis”.

Jika Anda tinggal di lingkungan yang mempunyai kegiatan rutin senam secara kolektif untuk lansia, sebaiknya ikutilah olahraga tersebut.

Umumnya senam lansia dilakukan di pagi hari atau sore hari, manfaat senam bagi kesehatan lansia tentu banyak.

Baca juga: Lansia Sering Marah-Marah Saat Sore atau Malam Hari, Begini Penjelasannya

Manfaat Senam Bagi Lansia

  • Meningkatkan kinerja otot jantung
  • Meminimalisir risiki sakit jantung
  • Menurunkan risiko tekanan darah tinggi
  • Menurunkan risiko diabetes
  • Menjaga kesehatan tulang dan sendi
  • Memberikan suasana hati yang senang dan lain sebagainya

Jika Anda seorang anak atau caregiver, temanilah orang tua atau daftarkan mereka untuk mengikuti program senam bersama yang lain.

3. Yoga Untuk Lansia

Yoga untuk lansia
Manfaat yoga untuk lansia

Jenis olahraga untuk lansia yang telah ada sejak ribuan tahun dipraktikkan untuk mendapatkan kesehatan fisik dan mingkatkan kualitas mental sangat cocok bagi orang tua.

Tidak membutuhkan banyak gerakan dan tenaga ekstra, yoga mampu menjadi solusi bagi lansia untuk mendapatkan kesehatan yang optimal.

Berbeda dengan yoga yang dilakukan oleh orang yang lebih muda, yoga khusus lansia dilakukan dengan gerakan yang sederhana.

Yoga dapat dipraktikkan oleh para penderita alzheimer atau demensia untuk membantu mendapatkan kestabilan emosi dan ketenangan batin. Selain itu, berikut ini adalah manfaat dari melakukan yoga bagi lansia:

Baca juga: Kurangi Risiko Terkena Alzheimer dan Demensia Dengan Konsumsi Jamur

Manfaat Yoga Bagi Lansia

  • Membantu menyelaraskan tulang belakang
  • Meningkatkan fleksibilitas tubuh
  • Memperkuat otot dan jaringan ikat
  • Meningkatkan sistem saraf
  • Meningkatkan kekuatan mental
  • Membantu menstabilkan emosi

Selain bisa dilakukan oleh orang dewasa atau lansia, yoga sangat cocok dilakukan oleh anak-anak juga. Khususnya bagi Anak Berkebutuhan Khusus, yoga membantu menggerakkan motorik dasar anak, membantu komunikasi dan kognitif.

Bagi Anda orang tua kini dapat menggunakan jasa homecare toddler atau perawat anak berkebutuhan khusus di rumah Anda sendiri, perawat anak mendampingi anak 24 jam dalam sehari.

Tag: articles