Olahraga Pagi atau Malam?

Kita pasti sibuk dengan rutinitas kita sehari - hari, sebagian besar waktu kita dihabiskan di dalam kantor, sekolah, kampus, dan sebagainya membuat kita lupa untuk berolahraga. Dengan alasan susah bangun pagi membuat kita menjadi malas berolahraga.

Kita selalu mengira bawah olahraga yang sehat itu pada pagi hari karena dengan kita olahraga dipagi hari akan terpapar oleh  cahaya mentari pagi yang mengandung vitamin D yang baik untuk kita. Tapi ternyata olahraga pada malam hari mempunyai manfaat yang tidak kalah pentingnya seperti olahraga pagi

Untuk mengetahui lebih dalam,berikut adalah manfaat olahraga pagi dan malam :

 

1. Olahraga Pagi

Selain mendapat paparan cahaya matahari pagi yang mengandung vitamin D, olahraga pagi dapat merevitalisasi metabolisme tubuh kita, sehingga akan membakar banyak kalori dan membuat tekanan darah juga dapat lebih stabil. Namun jika anda memilih olahraga pagi disarankan untuk pemanasan yang lebih lama, karena suhu tubuh yang relatif rendah dan otot-otot yang masih kaku akibat bangun tidur, untuk mencegah keseleo saat olahraga nanti.

 

2. Olahraga Malam

Olahraga pada malam hari dapat meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot, serta membantu tubuh menjadi rileks setelah seharian bekerja. Dan juga dapat membantu masalah tidur seperti insomnia. Tapi jangan terlalu berlebihan karena dapat menimbulkan dehidrasi dan kita akan menjadi sulit untuk tidur.

 

Jadi mana yang lebih sehat...?

 

Ternyata itu tergantung kepada 4 hal ini , seperti :

1. Lokasi 

Lokasi kita berolahraga sangatlah berpengaruh, karena berolahraga di lingkungan yang penuh polusi juga kurang menyehatkan. Polusi udara hanya akan memicu penyakit paru-paru. Jadi olahraga juga harus memilih lokasi yang tepat. Lokasi taman kota atau taman disekitar perumahan anda adalah pilihan yang tepat untuk berolahraga.

 

2. Waktu

Olahraga pada ditengah hari tidaklah menyehatkan, karena sinar ultraviolet dari cahaya matahari akan memicu kanker kulit. Karena panas yang terik, akan mempercepat dehidrasi pada tubuh kita, dan membuat tubuh kita menjadi kelelahan. Jika anda memang harus berolahraga pada siang hari, disarankan melakukannya di dalam ruangan untuk menghindari terik matahari tersebut.

 

3.Tipe Olahraga

Pilihlah jenis olahraga yang cocok dengan anda dan jangan berlebihan dalam berolahraga. Olahraga yang berlebihan tidak membuat anda lebih sehat, karena hanya akan membuat anda kelelahan dan rutinitas harian anda malah akan terganggu.

 

4. Sosial Sekitar 

Sosial disekitar kita juga berpengaruh, olahraga bersama teman, rekan, keluarga akan membuat olahraga anda menjadi menyenang. Perasaan senang tersebut akan memicu hormon baik dan membuat olahraga anda menjadi efektif.

 

Jadi pilihlah olahraga anda sesusai dengan kapasitas anda, jika anda tidak sempat olahraga di pagi hari maka olahraga di malam hari tidaklah masalah, karena olahraga di malam hari lebih baik daripada tidak olahraga sama sekali.

 

 

 

Tag: articles