Motor Neuron Disease, Sakit yang Diderita Stephen Hawking

Stephen Hawking, ahli fisika dan kosmologi meninggal dunia di usia 76 tahun, di kediamannya Inggris pada Rabu (14/3) dini hari waktu setempat. Meski keluarga tak menyebutkan dengan pasti penyebab meninggal dunianya, seperti dilansir dari The Guardian, Hawking diketahui menderita penyakit motor neuron (MND). Ia pertama kali didiagnosis mengidap penyakit itu pada 1963, di usia 21 tahun. 

independent.co.uk

Saat didiagnosis MND, dokter menilai hidupnya tinggal hanya dua tahun lagi. Namun, ia memiliki penyakit yang berkembang lebih lambat dari biasa diderita orang lain. Oleh karenanya, ia bertahan lebih dari 50 tahun menghadapi penyakit yang biasanya mematikan setelah tiga tahun tersebut. 
Penyakit motor neuron (MND) sendiri merupakan sakit yang menyebabkan saraf motorik rusak dan akhirnya berhenti bekerja. Karenanya, otot-otot yang rusak saraf pasokan secara bertahap kehilangan kekuatan mereka. 

Dari penelusuran beberapa sumber, diketahui Motor Neuron Disease atau penyakit motor neuron memengaruhi orang-orang berbeda dalam berbagai cara. Penyakit ini membuat otot melemah secara bertahap dan semakin memburuk. 
Gejala pertama biasanya terbentuk di tangan dan lengan, atau kaki dan kaki. Gejala lainnya, ada juga yang mengenai otot-otot di sekitar wajah dan tenggorokan, sehingga tidak bisa berteriak atau bernyanyi. Gejala lainnya yang mungkin terjadi di antaranya, kram otot, kelelahan, 'kedutan' otot melemah, dan menyentak dari lengan atau kaki saat beristirahat. 
Ada beberapa jenis dari penyakit motor neuron, di antaranya Amyotrophic lateral sclerosis (ALS), progressive bulbar palsy (PBP), progresif otot atrofi (PMA), dan primer lateral sclerosis (PLS). Hawking diduga menderita jenis ALS, atau yang kerap juga disebut Lou Gehrig's Disease yang membuatnya lumpuh, sehingga bertumpu pada pemakaian teknologi untuk membantunya beraktivitas. 
Hingga kini, penyebab lebih dari 90 persen kasus penyakit saraf motor neuron masih belum diketahui. 

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Tag: articles

Vionita