Home ยป Minum Kopi Bantu Cegah Kanker Kulit

Minum Kopi Bantu Cegah Kanker Kulit

Apakah Anda penggemar kopi? Berapa gelas kopi dalam sehari yang biasa Anda konsumsi? Kandungan kafein dalam kopi memang terkenal ampuh untuk melawan rasa kantuk serta menambah energi. Dan ternyata manfaat kopi lebih dari itu. Minum kopi ternyata bisa bantu cegah kanker kulit loh.

Dilansir dari washingtonpost.com, dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di JNCI: Journal of the National Cancer Institute disebutkan bahwa orang yang minum sedikitnya empat gelas kopi sehari memiliki risiko 20% lebih rendah terserang kanker kulit melanoma (jenis kanker yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin) dibandingkan bukan peminum kopi. Tentu saja bukan berarti kita hanya harus minum kopi setiap harinya untuk terhindar dari kanker kulit.

bpinzpp.wordpress.com

Kafein yang terkandung di dalam kopi diyakini bisa bermanfaat membantu menekan sel-sel tubuh yang berpotensi menjadi kanker saat terkena matahari. Selain itu, zat yang terkandung di dalam kopi juga diklaim bisa menangkis stres oksidatif pada kulit. Stres yang dimaksud adalah kondisi di mana kulit tubuh mengalami stres akibat terlalu banyak terpapar sinar UV, seperti kulit memerah, muncul bintik-bintik hitam, terbakar, kerusakan DNA, hingga penuaan dini. 
Kandungan kafein inilah yang diyakini sebagai faktor pelindungnya meski tidak menutup kemungkinan ada kandungan lain dalam kopi yang bisa bantu mengurangi risiko terkena kanker kulit. Untuk mencegah kanker, ada banyak cara yang bisa kita ikuti. Pastinya penting menjaga pola makan, olahraga teratur, dan menjaga kesehatan tubuh dan pikiran agar tidak gampang stres. Keseimbangan ini tetap perlu kita perhatikan ya.

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *