Mengenal Infused Water

Anda pasti pernah melihat potongan buah yang direndam di dalam air minum, nah itu adalah Infused Water. Infused Water yang belakangan ini sedang trend sebagai salah satu minuman pelengkap gaya hidup sehat.Infused water sendiri adalah minuman segar dari air putih yang ditambahkan potongan buah-buahan atau rempah-rempah ke dalamnya dan kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air putih tadi menjadi memiliki rasa seperti buah atau rempah yang dimasukkan ke dalamnya.

Asal mula minuman ini bisa jadi berasal dari minuman asal Spanyol yang disebut aguas frescas. Minuman ini biasanya berisi campuran buah, bunga, biji-bijian, dan pemanis (seperti gula, madu, atau sirup agave).Infused water dipercaya dapat menurunkan berat badan, membantu detox, hingga meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

 

Berikut adalah manfaat-manfaat dari Infused Water : 

 

1. Cara Sehat Meminum Vitamin

Buah-buahan yang kita rendam tersebut pasti memiliki vitamin. Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat infused water biasanya kaya akan vitamin B dan vitamin C. Vitamin-vitamin ini termasuk dalam jenis vitamin yang larut dalam air. Sehingga, ketika dipakai untuk membuat infused water, vitamin akan keluar dan larut di dalam air yang kita minum. Ini salah satu cara lebih sehat memenuhi kebutuhan vitamin kita jika dibandingkan dengan mengkonsumsi minuman ringan yang mengeklaim bervitamin tetapi juga mengandung gula tambahan.

 

2. Anti Penuaan

Infused Water mengandung anti oksidan. Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang berdampak buruk bagi tubuh. Mengonsumsi banyak buah dan sayur-sayuran menunjukkan hasil positif dalam menghambat proses penuaan.Minum infused water bisa memberikan manfaat lebih dalam anti-penuaan dibandingkan dengan minum air putih saja. Namun jika ingin memaksimalisasi jumlah antioksidan di dalam pola makan sehari-hari, jangan hanya mengkonsumsi buah terendam di dalam infused water saja. Konsumsilah beragam buah dan sayur-sayuran secara langsung juga.

 

3. Detox

Anda mungkin sudah pernah mencoba membuat campuran air hangat dengan lemon. Potongan lemon yang dimasukkan dan dikonsumsi bersama air mineral dipercaya sebagai sarana detoks yang baik bagi tubuh. Ide detoks berasal dari kepercayaan bahwa racun bisa menumpuk di dalam tubuh dan dengan pola makan khusus atau detoks, racun ini bisa dihilangkan.Dan, jika dicampur dengan air hangat, dapat merangsang pergerakan gastrointestinal sehingga membantu melancarkan pencernaan.

 

 

Cara Membuat infused Water :

Jika Anda ingin mencoba membuat infused water, Anda bisa memilih jenis buah seperti jeruk, lemon, stroberi, mangga, jeruk nipis, atau apel. Buah-buahan ini dapat ditambah dengan rempah-rempah seperti peterseli, daun mint, jahe, kayu manis, dan sereh. Semua bahan ini direndam selama kurang lebih 1-2 jam di suhu ruang atau 3-4 jam di kulkas. Setelah 4 jam, Anda bisa mengeluarkan bahan-bahan yang dipakai dari infused water untuk mencegah buah mengalami pembusukan di dalam air. Simpan Insfused Water dalam kulkas, dan disarankan untuk menghabiskan Infused water anda dalam waktu 3 hari atau pada hari yang sama jika tidak disimpan didalam kulkas. 

 

Infused water dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi air mineral. Pastikan kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi dengan mengonsumsi sekitar 2 liter cairan per hari. Nah, sekarang kita tahu manfaat dan cara membuat infused water, silahkan mencoba...

 

 

 

 

Tag: articles

arif