Meminum Madu Ternyata Ada Caranya

Sudah sejak ribuan tahun yang lalu, madu dipercaya oleh masyarakat dunia memiliki ribuan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena madu mengandung berbagai macam bahan alami yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan untuk memulihkan stamina.

Manfaat madu yang beragam dapat hilang jika kita tidak mengkonsumsinya dengan benar, oleh karena perlu memperhatikan dengan seksama bagaimana madu sebaiknya disajikan dan dinikmati. Semakin baik penyajian dan cara mengkonsumsi madu, semakin baik pula manfaatnya untuk tubuh.

Berikut adalah cara-cara mengkonsumsi madu dengan benar : 

1. Meminum Madu Saat Perut Kosong

Sebaiknya konsumsi madu sebelum makan. Konsumsilah madu pada saat perut dalam keadaan kosong agar penyerapannya makin maksimal oleh sistem pencernaan. Misal, segera setelah bangun tidur.

2. Jangan dengan Sendok Logam

Mengkonsumsi madu dengan menggunakan sendok plastik atau sesuatu yang berbahan kayu untuk mengaduknya. Kenapa? Karena jika menggunakan sendok yang bahannya terbuat dari logam, sel pada madu dikhawatirkan akan rusak sehingga beberapa zat bermanfaat dalam kandungan madu menghilang begitu saja.

3. Tidak dengan Air Panas

Cara mengkonsumsi madu yang baik salah satunya dengan tidak menambahkan madu ke dalam air panas yang mendidih karena dapat menghancurkan enzim yang terkandung di dalam madu. Jika enzim tersebut hancur, maka tentu saja mengurangi manfaat madu terhadap kesehatan secara umum.

4. Berlawanan Arah Jarum Jam

Cara minum madu yang benar adalah dengan mengocok madu berlawanan arah jarum jam. Apakah ada zat yang rusak karena mengaduk searah jarum jam? Tidak, hanya saja ketika mengaduk berlawanan arah jarum jam, ada energi positif yang lebih besar. Jika dipermisalkan, gerakan ini mirip seperti thawwaf pada ibadah haji dan umroh.

5. Tidak Dicampur

Madu adalah minuman yang kaya akan kandungan mineral sehingga anda sebaiknya tidak perlu menambahkan makanan yang mengandung vitamin C dan D agar cara konsumsi madu seperti ini tetap membiarkan zat di dalamnya bereaksi lebih maksimal tanpa menghancurkan unsur vitamin pada makanan yang dimaksud.

Banyak orang tidak memahami cara mengkonsumsi madu yang baik seperti apa. Sehingga tak jarang ada komplain merasa bahwa madu tidak memiliki manfaat. Padahal bisa saja hal itu karena mereka tidak paham bagaimana menyajikan madu dengan baik dan benar. Sehingga madu yang mengandung banyak mineral dan zat-zat yang baik bagi tubuh (bahkan mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas) akhirnya kemudian rusak dan terkontaminasi. Jadi mulai sekarang jika ingin mengkonsumsi madu ingat cara-cara di atas ya.

Tag: articles

arif