Masalah Psikologi dapat Menyebabkan Diare

Penyebab diare sangatlah beragam, tapi tahukah kamu jika masalah psikologi juga dapat menyebabkan diare? Kita tentu sering mendengar bahwa kesehatan rohani kita sangat mempengaruhi kesehatan jasmani kita, dan sebaliknya, ternyata inilah salah satu buktinya.
Keadaan dimana masalah psikologi kita mempengaruhi pencernaan kita dan menyebabkan diare disebut juga sebagai Diarrhea Anxiety.
Hal ini disebabkan oleh rasa takut dan cemas yang berlebihan. Rasa cemas tersebut dapat mengakifkan stress respon tubuh kita, dimana tubuh kita dapat mengeluarkan hormon-hormon stres ke dalam aliran darah di mana mereka melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang ditargetkan di dalam tubuh untuk membawa perubahan-perubahan fisiologis, psikologis, dan emosional tertentu yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghadapi ancaman. Respon ini sering juga disebut sebagai respons lawan atau lari atau respons darurat.
Untuk menguranginya, anda harus mencoba bernafas secara rileks dan menenangkan diri untuk beberapa saat. Setelah kecemasan berkurang, maka diare akan hilang dengan perlahan.

Tag: articles

Ramdan Chandra