Manfaat Wasabi Bagi Kesehatan

Wasabi pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Makanan jepang ini yang terkenal dengan pedasnya yang biasanya disajikan dengan sushi. Rasa pedasnya pun berbeda dengan rasa pedas yang dihasilkan oleh cabai.

Wasabi merupakan tanaman herbal yang kecil, wasabi bisa tumbuh sampai sekitar 60 cm dengan daun berbentuk mirip hati. Ia hanya tumbuh di beberapa tempat atau lingkungan, dan biasanya tumbuh di musim semi di area hutan. Dan tenyata wasabi dapat memberikan manfaat bagi tubuh kita.

Berikut adalah beberapa manfaat Wasabi bagi kesehatan : 

1. Memiliki Sifat Antibakteria

Wasabi memiliki sifat antibakteria karena kandungan isotiosianat, salah satu senyawa antioksidan. Isotiosianat dalam bentuk uap dapat mencegah pertumbuhan bakteri bakteri yang ada dalam makanan.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Isothiocyanates yang terkandung di dalam wasabi bisa menghambat perkembangan leukimia dan sel kanker perut dan juga dapat mengembangkan apoptosis (sel mati) dalam 24 jam setelah dikonsumsi. Mengonsumsi wasabi dapat mencegah pertumbuhan tumor, bahkan saat ukurannya masih kecil ketika pra-pengobatan. 

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Wasabi memiliki anti-hypercholesterolemic yang membantu menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi dalam tubuh, stroke, dan serangan jantung. Oleh sebab itu wasabi bisa mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung dan stroke.

4. Meringankan Masalah Pernapasan

Komponen gas yang terkandung di dalam wasabi bisa memberikan reaksi yang kuat pada saluran pernafasan dan sinus. Aroma dan rasa wasabi akan sangat kuat, sehingga beberapa orang terkadang merasa tersengat bahkan pusing, tapi itu justru baik bagi kesehatan tubuh Anda.

5. Mencegah Keracunan Makanan

Wasabi dapat menetralisir bakteri dan mikroba lain yang ada dalam makanan. Daging yang mentah bisa saja terkontaminasi bakteri dan mikroba lain. Wasabi dengan sifat antibakterinya mengurangi pertumbuhan bakteri ini. Oleh sebab itu Wasabi biasa disajikan dengan daging mentah.

Nah tadi adalah beberapa manfaat wasabi bagi kesehatan. Setelah membaca artikel ini apakah Anda tertarik untuk mencobanya? memang rasanya tidak cocok dengan lidah kita, tapi melihat khasiatnya yang sangat baik bagi tubuh kita jadi patut dicoba. Dan konsumsilah Wasabi sewajarnya, karena jika berlebihan justru akan menimbulkan efek samping bagi tubuh kita. 

Tag: articles

arif