Home ยป Manfaat Kopi Hijau

Manfaat Kopi Hijau

Siapa yang tidak suka ngopi ?. Ya, kebanyakan dari kita memang sudah sangat akrab dengan minuman kopi, dari yang pahit, kopi susu, kopi tubruk dan lainnya. Tapi, apakah anda pernah mendengar tentang “Kopi Hijau” ?

Kopi hijau adalah biji kopi yang belum dipanggang. Proses pemanggangan biji kopi dapat mengurangi jumlah asam klorogenat, biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih banyak dibanding biji kopi yang dipanggang.

Oleh karena itu biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi biasa (biji kopi panggang). Dan diduga asam klorogenat ini memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat dari Kopi Hijau : 

1. Menurunkan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Maret 2006 di BMC Complementary and Alternative Medicine, suplemen harian ekstrak biji kopi hijau dapat mengurangi lemak tubuh dan berat badan. Pada penelitian tersebut  kafein dan asam klorogenat sebagai senyawa utama berguna untuk menurunkan berat badan. Asam klorogenat yang terdapat pada biji kopi yang belum dipanggang dapat dicerna dan diserap oleh manusia sama seperti yang terdapat pada ekstraknya.

2. Menurunkan Darah Tinggi

Selain dapat menurunkan berat badan, asam klorogenat pada kopi hijau juga dapat mengurangi tekanan darah. Menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi perhari menunjukkan penurunan tekanan darah.

3. Meningkatkan Mood

Kafein yang ada dalam kopi hijau mempunyai efek yang positif pada suasana hati dan aktivitas otak Anda. Menurut penelitian pada bulan Februari 2008 di Nutrition Bulletin, beberapa studi  mengonfirmasi, bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan tubuh, dan berbagai faktor lain dari kinerja kognitif. Peneliti menemukan bahwa asupan optimal kopi hijau adalah antara 38-400 mg per hari atau menjadi sekitar ? cangkir untuk empat cangkir kopi seduh.

4. Mengandung Antioksidan

Biji kopi ini mengandung beberapa zat antioksidan, yang dapat mengurangi efek radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Fungsi pencegahan ini membuat Anda lebih sehat dengan mengurangi jumlah kerusakan sel-sel tubuh Anda. Menurut penelitian yang diterbitkan pada bulan Juli 2004 dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, antioksidan asam klorogenat dalam biji kopi hijau dapat mencegah perkembangan empat jenis sel kanker, sehingga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

Banyak sekali kan manfaat kopi hijau yang membantu kesehatan, tetapi sama hal nya dengan kopi lainnya, mengkonsumsi kopi hijau yang berlebihan juga tidak baik. Dosis yang tepat, yaitu maksimal 480 mg per hari, selama maksimal 12 minggu. Ekstrak kopi hijau tertentu juga aman digunakan maksimal 200 mg lima kali sehari dalam 12 minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *