Manfaat dari Bangun Pagi

Apakah Anda adalah orang yang suka begadang dan bangun ketika hari sudah mulai siang? Hentikan kebiasaan ini sekarang juga, karena sains telah membuktikan bahwa bangun pagi memberikan banyak kebaikan bagi tubuh dan kehidupan kita secara umum. Meski orang yang suka begadang seringkali disebut-sebut sebagai orang-orang yang lebih kreatif dan cenderung jenius, namun orang - orang sukses justru banyak yang tidur lebih awal dan bangun di pagi hari. 

Tidur lebih awal dimalam hari dan kemudian bangun lebih cepat dipagi hari akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan bugar. Berbeda halnya apabila kita sering begadang dan bangun tidur pada siang hari maka tubuh akan terasa lesu, lemas, tidak semangat dan terkadang membuat kita menjadi mudah jatuh sakit.

Berikut adalah beberapa manfaat jika kita bangun pagi :

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Udara pagi yang masih bersih dan sejuk ternyata juga bisa sebagai pembantu pembentukan zat antibodi. Orang-orang yang sering bangun pagi dipercaya lebih sehat dibandingkan mereka yang tidak pernah bangun dipagi hari, hal ini dikarenakan orang-orang yang selalu bangun pagi sistem kekebalan tubuhnya lebih bagus.

2. Membuat Tulang Menjadi Lebih Kuat

Jika Anda sudah terbangun dipagi hari cobalah untuk menggerakan badan dengan berjalan santai atau jogging kecil di sekitar rumah. Dengan begitu Anda akan terpapar matahari pagi karena sinar matahari di pagi hari memiliki banyak manfaat. Sinar matahari pagi akan membantu mengubah provitam D didalam tubuh Anda menjadi vitamin D, yang mana vitamin ini sangat bagus untuk tulang. Apabila asupan vitamin D didalam tubuh Anda terpenuhi maka tulang Anda pun akan menjadi lebih kuat.

3. Mencegah Kanker Kulit

Sinar matahari pagi bisa mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D, yang mana vitamin ini bukan hanya sekedar bisa menguatkan tulang tetapi juga bisa sebagai perlindungan bagi kulit kita. Kandungan vitamin D yang didapat dari sinar matahari pagi akan mampu mencegah penyakit kanker kulit.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Udara pagi yang masih sejuk dan bersih karena belum tercemar oleh polusi asap kendaran akan membuat Anda merasakan nyaman ketika bernafas. Anda akan mendapat udara yang segar dan berkualitas. Udara bersih yang masuk kedalam tubuh kita tentunya akan sangat berpengaruh, dampaknya yaitu membuat aliran darah didalam tubuh Anda menjadi lancar.

5. Membangkitkan Mood

Saat kita bangun dipagi hari, semangat didalam diripun akan tetap terjaga. Apalagi ketika dipagi hari kita melakukan hal-hal positif maka mood kita pun akan meningkat sehingga untuk menjalani aktivitas sehari-hari terasa ringan. Cobalah tidur lebih awal dimalam hari dan bangun dipagi hari maka semangat dan mood anda akan terus terjaga ketika disiang hari.

Itulah beberapa manfaat bangun pagi bagi kesehatan.  Ada banyak sekali keuntungan jika kita bangun dipagi hari. Semoga setelah membaca artikel membuat Anda semangat untuk bangun dipagi hari.

 

Tag: articles

arif