Manfaat Dahsyat dari Menangis Yang Jarang Diketahui Orang

Biasanya, orang dewasa malu jika menangis di depan orang lain. Padahal, menangis adalah reaksi alami yang seharusnya diterima apa adanya.

Masih ingatkah kapan terakhir Anda menangis dan mengapa? Apa yang Anda rasakan saat menangis? Apakah sedih, bahagia, khawatir atau justru merasa lega?

Dilansir dari laman WebMD.com, menangis bukan suatu pertanda bahwa kamu lemah atau kalah. Ada banyak masalah yang memang membuat kita secara sadar maupun tidak akhirnya menangis dan meluapkan emosi. Ada banyak kebahagiaan juga yang membuat kita terharu yang membuat kita menitikkan air mata.

Pada dasarnya, menangis memiliki manfaat mengagumkan. Berikut tiga manfaat menangis tersebut:

1. Memahami Diri Sendiri

Tak hanya disebabkan oleh perasaan kecewa, menangis juga sering disebabkan oleh perasaan bahagia dan pengharapan. Saat menangis, perasaan akan terasa campur aduk.

Disadari atau tidak, saat menangis ini kamu akan tahu seperti apa dirimu, apa yang kamu inginkan, apa yang telah membuat hatimu tersakiti.

Menangis akan membuatmu memahami dirimu sendiri. Menangis akan membuat kamu mengingat segala pengalaman hidup yang telah kamu lewati selama ini. Kamu juga akan mengerti apa yang membuat dirimu bahagia, tersakiti juga sejenisnya.

2. Empati

Menangis di depan orang yang peduli kepadamu akan membuat orang tersebut lebih peduli lagi padamu. Orang-orang di sekitarmu juga akan mulai lebih memperhatikanmu, memberikan nasehat terbaiknya hingga memberi suntikan kebahagiaan untukmu.

Dukungan demi dukungan akan selalu kamu dapat dari orang-orang terdekatmu saat kamu menangis karena sedih atau pun terharu. Menangis juga akan membuat orang lain di sekitarmu lebih peka akan perasaan kamu.

3. Perasaan Jadi Lebih Lega

Para ahli menyebutkan bahwa menangis bisa membuat perasaan kamu terasa lebih lega, bahagia dan nyaman. Karena dengan menangis kamu bisa memahami dirimu sendiri, kamu pun akan merasa lebih lega. Tak hanya itu saja, tubuh akan terasa lebih ringan setelah kamu berhasil menumpahkan segala emosimu dengan menangis.

Disadari atau tidak, menangis akan memberikan kekuatan baru pada fisik maupun psikismu untuk memulai segalanya dengan lebih bahagia, baru dan hati-hati. Kamu pun juga bisa lebih belajar dari banyak pengalaman bahwa kamu adalah pribadi yang kuat meski kerap meneteskan air mata.

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya