Manfaat Air Putih Saat Perut Kosong

Air Putih sering kita anggap sepele dalam kehidupan kita, karena minuman ini tidak berasa membuat kita malas untuk mengkonsumsinya. 70% tubuh kita terdiri dari air, bila kebutuhan air didalam tubuh tidak terpenuhi, maka tubuh kita akan menerima konsekuensi kesehatan negatif jangka pendek dan jangka panjang. Di balik kesederhaan tampilannya, ternyata memeliki berbagai keuntungan.

Dehidrasi yang berkepanjangan misalnya, dapat menyebabkan rheumatoid arthritis, migrain, angina, kolitis, dispepsia, hipertensi, obesitas, wasir, kanker payudara, tuberkulosis paru, batu ginjal, sinusitis, dan kanker rahim. Agar tubuh Anda terhindar dari penyakit-penyakit serius tersebut, dengan mengkonsumsi air putih dapat membantu tubuh anda terhidrasi.

Berikut adalah manfaat air putih yang dikonsumsi saat perut kosong / bangun tidur :

1. Mencegah Batu Ginjal dan Infeksi Kandung Kemih

Minum air putih setelah bangun sangat penting untuk mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Ini adalah fakta bahwa minum air putih pada perut kosong mengencerkan asam yang menyebabkan batu di ginjal. Semakin banyak air yang kita minum (sampai batas yang sehat), semakin kita akan terlindungi dari berbagai jenis infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh toksin.

2. Menyehatkan Kulit

Dehidrasi pada tubuh ternyata dapat membuat kulit kita menjadi keriput dini. Ditemukan dalam sebuah studi bahwa minum 500 ml air pada saat perut kosong meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit bersinar. Selain itu, minum lebih banyak air sepanjang hari berarti tubuh kita semakin banyak mengeluarkan racun, yang akan membuat kulit kita lebih bercahaya.

3. Mencegah Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan disebabkan oleh meningkatnya keasaman di perut. Bagi penderita sakit maag, yang akan dirasakan adalah asam lambung kembali ke kerongkongan kita. Namun, saat kita minum air putih dengan perut kosong, asam ini bisa ditekan dan diencerkan sehingga bisa mencegah asam lambung kita naik.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Mengkonsumsi air putih pada perut kosong bisa meningkatkan tingkat metabolisme pada tubuh kita setidaknya 24 %. Hal ini sangat cocok bagi orang-orang yang sedang melakukan diet ketat. Dengan tingkat metabolisme yang meningkat, berarti sistem pencernaan bekerja menjadi lebih baik. Kita akan bisa mengikuti rutinitas diet kita lebih mudah jika pencernaan kita lebih cepat menyerap nutrisi.

5. Menghilangkan Racun dalam tubuh

Pada malam hari tubuh kita memperbaiki diri dan mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Saat minum air putih pada waktu perut kosong di pagi hari, kita akan membersihkan racun berbahaya ini, dan membuat tubuh kita segar dan sehat. Minum banyak air putih dapat membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru. Itu sebabnya jika kita sering mengkonsumsi air putih tubuh kita menjadi lebih ringan dan semangat untuk beraktifitas.?

Jika selama ini kita menyadari kurang mengkonsumsi air putih karena alasan tidak ada rasanya, maka dengan mengingat manfaat-manfaat tersebut, ayo kita biasakan untuk meminum air putih. Kita dapat memulainya dengan menaruh gelas / botol berisi air putih di meja atau di tas, jadi dengan begitu kita akan teringat untuk mengkonsumsinya.

 

 

Tag: articles

arif