Makanan untuk Mengobati Diabetes

Saat ini lebih kurang 35 % penduduk di dunia terancam diabetes. Jika menderita penyakit ini memang sangat menyiksa, karena jika terkena penyakit ini kita sangat dibatasi dalam kegiatan sehari – hari, hingga dalam mengkonsumsi makanan pun kita sangat dibatasi.

Memang benar penyakit ini bisa menjadi penyakit turunan, tapi penyakit diabetes juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat yang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi / kita tidak bisa mengontrol makanan yang kita konsumsi, kita jarang melakukan olahraga, dan kehidupan sehari – hari lainnya yang dapat menyebabkan orang terkena penyakit diabetes.

Berikut adalah beberapa makanan untuk membantu menyembuhkan Diabetes : 

1. Sayuran Hijau

Mengkonsumsi sayuran hijau sangat disarankan bagi mereka yang menderita diabetes, karena sayuran hijau mampu mengontrol kadar gula dalam darah dan juga menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2. Jenis sayuran yang dapat dikonsumsi yaitu seperti brokoli, bayam, kubis, sawi, kale dan juga salada. Jenis sayuran tersebut rendah kalori dan karbohidrat, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin oleh para penderita penyakit diabetes.

2. Oatmeal

Oatmeal mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan beta-glukan yang terbukti efektif dalam mencegah dan mengobati penderita diabetes. Selain itu, oatmeal memiliki serat larut yang dapat memperlambat proses penyerapan glukosa dari makanan yang ada dalam perut.

3. Putih Telur

Putih telur sangat baik untuk dikonsumsi, karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi dan rendah akan kandungan karbohidrat, sehingga dapat membantu dalam mencegah dan mengatasi penyakit yang dideritanya.

4. Polong-polongan

Jenis makanan ini juga sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes, karena mengkonsumsi polong-polongan dapat membantu dalam mengontrol kadar gula dalam darah dan mempercepat masa penyembuhan. Hal ini dikarenakan polong-polongan memiliki kandungan yang kaya akan karbohidrat, protein tanpa lemak dan juga serat larut.

5. Kacang-kacangan

Menurut dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli menyebutkan bahwa, mengkonsumsi kacang-kacangan mampu mempercepat masa penyembuhan diabetes secara signifikan. Jenis kacang yang baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes yaitu kacang mete, almond dan kacang kenari.

Tadi adalah beberapa makanan yang bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jika Anda mengidap penyakit diabetes, anda harus benar-benar menjaga pola makanan dan harus rajin berolahraga, karena jika penyakit dibiarkan akan menyebabkan penyakit yang serius seperti penyakit jantung, gagal ginjal, rusak mata dan rusak saraf.

Bila Anda atau keluarga anda ada yang mengidap penyakit ini, Anda bisa memanggil perawat dari Insan Medika. Perawat dari Insan Medika adalah perawat yang berkualitas yang dapat menjaga, merawat dan menemani Anda selama 24 jam. Jadi bila Anda terlalu sibuk akan aktifitas sehari - hari dan tidak sempat menemani keluarga Anda yang sedang sakit, perawat dari Insan Medika akan merawatnya untuk Anda. 

Tag: articles

arif