Makanan Superhero Ini Menyelamatkan Anda Saat Tidak Nafsu Makan

Ketika Anda sedang tidak nafsu makan, makanan favorit Anda yang biasanya tampak menggiurkan pun tak akan berhasil menggugah selera. Padahal, Anda sedang tidak diet atau menurunkan berat badan. Anda hanya tidak minat makan saja. Kehilangan nafsu makan sering dianggap sebagai masalah kesehatan yang umum dan sepele. Namun, hati-hati karena jika tidak ditangani dengan tepat, tidak nafsu makan bisa menyebabkan berbagai komplikasi seperti kurang nutrisi, lemas, gangguan asam lambung, dan gangguan sistem metabolisme. Untuk menghindari risiko-risiko tersebut, Anda perlu menyiasati menu makanan yang Anda santap supaya bisa membantu mengembalikan selera makan Anda.

Meningkatkan nafsu makan secara alami

Untuk mengatasi berkurangnya selera makan, Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan nafsu makan secara alami. Anda pun tak perlu minum suplemen penambah nafsu makan tertentu, kecuali jika disarankan oleh dokter Anda.

Intip berbagai makanan yang bisa membantu Anda makan lebih lahap berikut ini.

Makanan tinggi kalori

merdeka.com                          

Saat Anda tidak nafsu makan, tubuh akan jadi lemas karena kalori yang bisa dibakar sangat sedikit jumlahnya. Semakin Anda merasa lemas, selera makan pun makin lenyap. Untuk menghentikan siklus berbahaya ini, makanan yang tinggi kalori bisa menjadi penyelamat Anda. Siasati dengan cara memaksimalkan asupan kalori setiap kali Anda makan, meskipun porsinya sedikit.

Misalnya, siapkan sarapan roti dengan selai kacang daripada meises cokelat. Selai kacang sangat tinggi kalori dan kaya protein, serat, dan mineral yang bisa membuat badan terasa lebih bugar. Makanan lain yang tinggi kalori antara lain ubi, jagung, mentega, keju, santan kelapa, dan salmon.

Rempah-rempah

obatrindu.com

Kayu manis, jahe, dan lada adalah bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk menambah selera makan Anda. Anda bisa menambahkannya pada masakan Anda atau menyeduh teh dengan kayu manis dan jahe. Rempah-rempah tersebut mampu merangsang sistem pencernaan Anda. Jahe juga terbukti ampuh mengurangi sakit perut atau mual yang membuat Anda tidak nafsu makan.

Sayuran pahit

vegetables.co.nz

Sayuran yang pahit seperti daun singkong, daun pepaya, dan sawi pahit bisa merangsang produksi cairan empedu. Cairan empedu baik untuk sistem pencernaan Anda serta berguna untuk merangsang nafsu makan.

Jika rasa pahit sayuran tersebut justru membuat Anda semakin tidak nafsu makan, siasati dengan cara mengolah sayuran pahit dengan kuah berbahan dasar santan yang gurih dan tinggi kalori. Tambahkan pula rempah-rempah yang aromanya harum.

Sayuran penambah nafsu makan

pxhere.com

Selain sayuran pahit, gairah makan Anda juga bisa diselamatkan oleh berbagai sayuran yang memiliki khasiat alami meningkatkan nafsu makan. Contohnya adalah tomat, timun, bawang putih mentah, dan lobak. Sayuran tersebut juga kaya akan berbagai vitamin dan zat yang bisa membantu mengembalikan nutrisi yang hilang atau melawan infeksi.

Buah-buahan yang baik untuk pencernaan

financialtribune.com

Apabila Anda tidak selera untuk makan banyak, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan sebagai camilan yang sehat, bikin kenyang, dan bisa meningkatkan nafsu makan. Anggur, lemon, apel, dan beri hitam (blackberry) adalah contoh buah-buahan yang bisa merangsang produksi enzim dan cairan empedu yang bertugas untuk menjaga sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik.

Nah semoga informasi ini membantu Anda atau keluarga Anda yang mengalami tidak nafsu makan.

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Tag: articles

Vionita